WISATA | 21 MAY 2022

Tips Menjaga Kulit Tetap Glowing dan Lembap Selama Berpuasa

Selama bulan Ramadan, bukan tubuh saja yang rentan dehidrasi namun kulit Anda juga. Kurangnya cairan yang masuk ke dalam tubuh bisa membuat kulit menjadi kering dan kusam. Tapi jangan khawatir, Anda masih bisa kok menjaga kulit tetap sehat dan terhidrasi selama menjalankan ibadah puasa.

Mulai dari penyesuaian gaya hidup sehat hingga perawatan dengan produk skincare, ini dia tips menjaga kulit tetap glowing selama berpuasa.

Baca juga: Melakukan Perawatan Wajah dengan Bahan Alami


Sumber: Freepik

Perbanyak minum air

Meskipun berpuasa, kebutuhan cairan harian tubuh tetap harus dipenuhi agar kulit juga tetap sehat. Setiap sahur dan berbuka, perbanyak minum air putih untuk menghidrasi kulit Anda. Selain air putih, bentuk cairan lain yang bisa diminum adalah sayuran berkuah dan buah-buahan.


Kurangi minuman bersoda dan berkafein

Tahukah Anda bahwa minuman bersoda dan berkafein bisa menyedot mineral di dalam tubuh? Tentu saja hal ini menimbulkan dampak negatif buat kulit Anda. Tidak hanya itu, kedua jenis minuman tersebut juga dapat membuat kulit cepat dehidrasi.


Perhatikan perawatan sekitar mata

Waktu tidur Anda mungkin banyak berkurang selama bulan Ramadan. Hal tersebut bisa menyebabkan munculnya lingkaran hitam di bawah mata tanda kelelahan dan kurang istirahat. Selama berpuasa, perhatikan perawatan kulit di sekitar mata agar tidak kering. Tanda-tanda penuaan cenderung lebih mudah terlihat pada kulit yang kering.


Pastikan tidur cukup

Seperti yang sudah disinggung, Anda mungkin akan kehilangan banyak waktu tidur di bulan Ramadan. Meskipun demikian, maksimalkan waktu yang Anda miliki untuk beristirahat dan memberi kesempatan sel kulit untuk regenerasi. Misalnya dengan tidur lebih awal setiap malam, kemudian tidur setelah shalat Subuh sebelum mulai beraktivitas. Jika memungkinkan, manfaatkan jam makan siang untuk tidur sejenak.


Selalu pakai tabir surya

Kondisi kulit yang kekurangan cairan karena berpuasa akan jadi lebih buruk saat terpapar sinar matahari. Buat Anda yang harus beraktivitas di luar ruangan, tentu hal ini tidak bisa dihindari. Oleh karena itu, jangan pernah lupa menggunakan tabir surya setiap kali Anda akan keluar rumah. Tabir surya bisa menghalau dampak buruk sinar matahari, menjadikan kulit lebih sehat dan awet muda. 


Eksfoliasi secara rutin

Kulit yang kering dan kusam juga bisa disebabkan oleh penumpukan sel kulit mati. Eksfoliasi adalah cara yang tepat untuk mendapatkan kulit glowing dan sehat selama puasa. Cukup lakukan 2 kali seminggu saja, kulit pasti terlihat lebih sehat dan lembap.


Gunakan pelembap

Cara terbaik untuk menjaga kulit tetap lembap adalah dengan menggunakan pelembap atau moisturizer. Gunakan produk pelembap yang sesuai dengan kebutuhan kulit, lalu aplikasikan ke wajah setiap pagi sebelum beraktivitas dan malam menjelang tidur.


Pakai sheet mask setiap hari

Selain menyesuaikan gaya hidup untuk menjaga kesehatan dan kelembapan kulit, perawatan dari luar juga penting. Salah satunya adalah dengan menggunakan sheet mask. Pakai sheet mask setiap malam, terutama sheet mask yang memiliki kandungan pelembap dan dapat menghidrasi kulit.


Makan makanan bergizi

Makanan yang Anda makan akan memberikan dampak langsung pada kesehatan kulit. Pastikan Anda mengonsumsi makanan seperti sayur dan buah yang kaya vitamin untuk menutrisi kulit. Vitamin seperti vitamin A dan C dikenal sangat baik untuk menjaga kesehatan dan kecantikan kulit.


Kurangi konsumsi produk susu

Produk susu seperti yogurt dan keju juga bisa menimbulkan masalah tersendiri untuk kulit. Apalagi buat Anda yang kulitnya rentan berjerawat, kedua jenis makanan ini bisa membuat jerawat mudah muncul.