WISATA | 06 AUG 2023

Trans Semanggi Suroboyo: Solusi Transportasi Bus Modern di Surabaya

Trans Semanggi Suroboyo merupakan sistem layanan transportasi bus perkotaan modern yang dioperasikan oleh Teman Bus, hadir di kawasan metropolitan Kota Surabaya. Layanan ini secara resmi diluncurkan pada 29 Desember 2021, menjadikan Surabaya sebagai kota kesepuluh di Indonesia yang menerapkan angkutan massal berbasis jalan dengan skema pembelian layanan (buy the service). Proses pengadaan armada bus ditanggung oleh Kementerian Perhubungan Republik Indonesia (Kemenhub RI), sementara manajemen operasional dilakukan oleh pihak ketiga seperti PT Seduluran Bus Suroboyo dan Perum DAMRI.


Kemenhub RI menyediakan 104 unit bus perkotaan dengan desain dek rendah sebagai armada operasional pada layanan Teman Bus di Surabaya. Proses pengadaan armada dilakukan secara bertahap pada periode 2022 hingga 2024. Dari jumlah tersebut, 40 unit bus akan menggunakan teknologi bus listrik, sementara 64 unit lainnya akan menggunakan bus diesel. Unit-unit bus ini direncanakan akan dioperasikan pada enam koridor yang berbeda, beberapa di antaranya menggantikan layanan bus perkotaan eksisting seperti bus kota reguler atau Suroboyo Bus.


Pada tahun 2022, dua koridor layanan Trans Semanggi Suroboyo telah dioperasikan. Koridor 2 dengan rute Lidah Wetan–Kejawan Putih Tambak diluncurkan pada 1 Februari 2022, diikuti oleh koridor 3 dengan rute Purabaya–Kenjeran Park via MERR yang diluncurkan pada 20 Desember 2022.


Trans Semanggi Suroboyo juga terhubung dengan moda angkutan perkotaan non-bus seperti angkutan kota (bemo) dan Wirawiri Suroboyo di beberapa titik lokasi di kawasan perkotaan Surabaya.



Trans Semanggi Surabaya (sumber: jpnn)


Asal Usul Hadirnya Trans Semanggi Surabaya

Pada 22 Oktober 2020, Dirjen Hubdat Kemenhub RI, Budi Setiyadi, bersama Walikota Surabaya, Tri Rismaharini, menandatangani nota kesepahaman mengenai perencanaan dan pelaksanaan program angkutan berbasis jalan dengan skema pembelian layanan (buy the service/BTS) di Surabaya. Surabaya terpilih sebagai salah satu bagian dari proyek percontohan (pilot project) program Teman Bus bersama sembilan kota lainnya di Indonesia. Surabaya mendapatkan 104 unit bus dari Kemenhub RI yang akan dioperasikan pada enam koridor yang berbeda. Proses pengadaan dimulai pada pertengahan tahun 2021, sedikit lebih lambat dari kesembilan kota lainnya.


Mekanisme lelang pengembangan angkutan massal berbasis jalan di Surabaya dilaksanakan oleh Dirjen Hubdat Kemenhub RI pada 29 Oktober 2021. Setelah seleksi dan verifikasi, PT Seduluran Bus Suroboyo ditunjuk sebagai pihak ketiga yang memenuhi syarat sebagai operator penyedia layanan di kota ini. PT Seduluran Bus Suroboyo sendiri merupakan konsorsium gabungan dari tiga perusahaan otobus penyedia layanan bus antar kota di Jawa Timur seperti PT Kalisari Citra Jaya, PT Harapan Jaya Prima, dan PT Tentrem Sejahtera Karoseri.


Layanan Teman Bus dengan nama Trans Semanggi Suroboyo secara resmi diluncurkan pada 29 Desember 2021, di Balai Kota Surabaya. Koridor pertama rencananya akan dioperasikan pada 1 Januari 2022, namun jadwal peluncurannya diundur karena adanya surat edaran dari Dirjen Hubdat kepada Pemkot Surabaya terkait penghentian sementara operasional layanan Teman Bus. Penundaan ini disebabkan oleh evaluasi menyeluruh yang sedang dilakukan oleh Kemenhub RI untuk menyelesaikan beberapa aspek teknis pengoperasian layanan. Setelah penundaan selama sebulan, koridor 2 dengan rute Lidah Wetan–Kejawan Putih Tambak akhirnya dioperasikan pada 1 Februari 2022.


Asal Usul Nama Trans Semanggi Suroboyo

Trans Semanggi Suroboyo adalah merek resmi dari layanan bus perkotaan modern yang dioperasikan di kota Surabaya oleh Teman Bus. Nama "Semanggi" dalam Trans Semanggi Suroboyo diambil dari kuliner Pecel Semanggi, sebuah makanan tradisional khas Surabaya yang menggunakan daun semanggi sebagai bahan utamanya. Tanaman semanggi (Marsilea crenata) tumbuh subur di sekitar sawah dan aliran irigasi di pinggiran kota, dan kuliner ini masih dijaga keberlangsungannya di Kampoeng Semanggi Benowo, sebuah sentra kuliner di Lingkungan Kendung.


Layanan bus perkotaan Trans Semanggi Suroboyo dibagi menjadi enam koridor yang direncanakan akan dioperasikan dalam periode 2022 hingga 2024. Keenam koridor tersebut meliputi sebagian besar jalan arteri utama di dalam kota. Empat koridor sebelumnya telah dilayani oleh koridor eksisting Suroboyo Bus, sedangkan dua koridor baru merupakan pengembangan atau rintisan jalur bus perkotaan yang mencakup Kecamatan Pakal dan sekitar kampus Universitas Airlangga.


Koridor Trans Semanggi Surabaya

Setiap koridor memiliki kode dan relasi perjalanan pulang-pergi (PP) serta alokasi unit dan operator yang bertanggung jawab atas koridor tersebut. Layanan Trans Semanggi Suroboyo menggunakan berbagai jenis bus, termasuk bus besar berbasis Mercedes-Benz O500U 1726 LE dengan bodi New Velocity W5 Low Deck yang digunakan di koridor 2. 


Selain itu, juga ada bus besar berbasis Volvo B8RLE dengan body CityLine 3 rakitan karoseri Laksana yang berfungsi sebagai cadangan di koridor 2. Koridor lainnya menggunakan bus listrik dengan sasis INKA E-Inobus IEV-08-B138 yang dihibahkan oleh Kemenhub RI ke Perum DAMRI. Bus listrik ini akan beroperasi di koridor 3 dan koridor 5.


Depo bus untuk berbagai koridor Trans Semanggi Suroboyo berlokasi di beberapa titik strategis, termasuk depo bus milik PT Kalisari Citra Jaya di Gayungan dan depo bus Perum DAMRI di Jagir Wonokromo. 


Di samping itu, stasiun pengisian kendaraan listrik umum (SPKLU) telah disediakan oleh Perum DAMRI bekerjasama dengan PT PLN di depo bus dan terminal sebagai upaya mendukung operasional bus listrik di Surabaya.


Setelah puas berkeliling Surabaya, jangan lupa untuk mampir ke Toko Lapis Kukus Pahlawan. Toko ini adalah salah satu toko kue yang paling terkenal di Surabaya. Lapis kukus Pahlawan adalah kue yang terbuat dari bahan-bahan yang berkualitas dan diproses dengan cara yang tradisional. Kue ini memiliki rasa yang lembut dan manis, dengan tekstur yang sangat halus.


Kamu bisa menikmati Lapis Kukus Pahlawan sambil bersantai di halte Trans Semanggi. Halte ini memiliki tempat duduk yang nyaman dan area yang luas, sehingga Kamu bisa menikmati kue dengan tenang tanpa khawatir terganggu oleh orang lain.


Berkeliling Surabaya dengan Trans Semanggi sambil mencicipi Lapis Kukus Pahlawan adalah salah satu cara yang menyenangkan untuk menghabiskan waktu di kota ini. Kamu bisa menikmati keindahan kota sambil menikmati makanan yang lezat.