WISATA | 19 AUG 2021

5 Transportasi Umum di Surabaya yang Siap Antar Kamu Keliling Kota

Transportasi Umum di Surabaya – Bagi yang ingin eksplor kota Surabaya tanpa menggunakan kendaraan pribadi, kamu bisa mengandalkan transportasi umum di Surabaya, lho. Berbagai kendaraan umum ini bisa mengantar kamu ke tempat wisata, tempat kuliner enak, atau kemanapun di sekitar wilayah Surabaya.

Menggunakan transportasi umum saat berwisata, memang memiliki keseruan tersendiri. Apalagi jika solo traveling. Kamu bisa mengasah kemampuan berbicara di depan umum, berkenalan dengan orang baru dan lainnya. Nah, berikut ini beberapa transportasi umum di Surabaya untuk dijadikan referensi. Simak terus, ya ulasannya.

1. Surabaya Bus

5 Transportasi Umum di Surabaya yang Siap Antar Kamu Keliling Kota
(sumber: humas.surabaya.go.id)

Bus Surabaya ini termasuk transportasi baru yang mulai beroperasi tahun 2018. Memiliki kapasitas 67 penumpang, Bus ini menjadi transportasi umum di Surabaya favorit masyarakat dalam kota maupun wisata. Untuk memikat warga supaya mengurangi penggunaan kendaraan pribadi, Bus Surabaya didesain senyaman mungkin dengan pembedaan tempat duduk.

Jadwal operasional Bus Surabaya dimulai pukul 06.00-22.00 WIB. Untuk rutenya, bus ini melewati Terminal Rajawali—Terminal Purabaya (Bungurasih) dan sebaliknya. Nah, untuk yang ingin liburan ke Surabaya tanpa kendaraan pribadi, bus ini juga melewati trek atau jalur wisata ke berbagai objek menarik seperti Tunjungan Plaza, Delta, Pasar Turi, JMP, Tugu Pahlawan, dan Kebun Binatang Surabaya (KBS).

2. Angkot

5 Transportasi Umum di Surabaya yang Siap Antar Kamu Keliling Kota
(sumber: jatimnet)

Transportasi umum di Surabaya yang ramah masyarakat kecil ini juga menjadi favorit. Hal ini karena jangkauan angkot lebih banyak daripada bus besar. tercatat ada 57 rute yang menjangkau jalan-jalan kecil. Empat terminal utama untuk angkot di Surabaya adalah Purabaya, Tambak Oso Wilangun, Joyoboyo, dan Bratang.

Menjangkau seluk beluk Surabaya dari timur, barat, selatan dan utara, angkot akan mengantarmu kemanapun tujuan wisatanya. Misalnya untuk membeli oleh-oleh Lapis Kukus Pahlawan, tinggal sebut gerai terdekat, angkot akan membawamu sampai tujuan.

3. Becak

Siapa yang tidak kenal dengan becak? moda transportasi yang sudah ada sejak dahulu kala ini masih menjadi transportasi umum di Surabaya yang diandalkan. Biasanya becak ada di dekat terminal, stasiun, pasar atau dekat tempat wisata. Jadi kamu gak perlu kesusahan mencari kendaraan untuk mengantarkanmu ke tempat tujuan.

Dengan naik becak, kamu juga bisa menikmati suasana jalanan Surabaya dan mendapat pengalaman yang tak terlupakan.

4. Ojek Online

Semenjak adanya teknologi ojek online, masalah tentang transportasi jadi lebih terselesaikan. Ingin kemanapun dan dimanapun, asal masih terbaca peta, ojek online akan mengantarkanmu. Jika malas keluar, kamu bisa memesan makanan atau minuman melalui aplikasinya. Tidak sempat membeli oleh-oleh? lansung aja pesan Lapis Kukus Pahlawan, maka ojek online akan mengantarkan sampai ke tempatmu.

5. Kereta

Pilihan transportasi di Surabaya ini mungkin cocok untuk kamu yang berada di luar kota dan ingin liburan ke kota pahlawan. Naik kereta memiliki beberapa kelebihan daripada naik transportasi lainnya. Misalnya durasi untuk sampai lebih cepat, tidak banyak polusi udara dan lebih nyaman. Oleh karena itu, banyak yang lebih memilih naik kereta daripada bus atau kendaraan pribadi.

Itulah beberapa transportasi di Surabaya yang bisa menjadi pilihan saat berkunjung di kota ini. Jika bingung mau naik apa, bisa tentukan dengan kriteria tujuan, biaya dan waktu. Apabila tujuannya adalah wisata maka cari tahu dulu mana kendaraan yang bisa menjangkau tempat tujuanmu.

Kalau gerai oleh-oleh Lapis Kukus Pahlawan bisa dengan naik ojek online, becak ataupun angkot. Selamat jalan-jalan!