WISATA | 21 MAY 2022

Tutorial Makeup Natural untuk Silaturahmi di Hari Idul Fitri

Saat Lebaran tentu Anda harus bersilaturahmi ke keluarga dan kerabat yang sudah lama atau jarang Anda temui. Agar meninggalkan kesan yang baik, tentu saja Anda harus tampil sesempurna mungkin. Mulai dari pakaian hingga riasan harus Anda persiapkan dengan baik.

Simak tutorial dan tips makeup natural saat Hari Raya Idul Fitri dalam artikel berikut ini, serta bagaimana cara menjaga agar makeup tetap bertahan lama sepanjang hari.


Baca juga: Melakukan Perawatan Wajah dengan Bahan Alami

Tutorial Makeup Natural Untuk Idul Fitri

Makeup atau riasan yang natural adalah pilihan tepat agar Anda tampil prima di Hari Raya Idul Fitri. Berikut ini langkah-langkah atau tutorial bermakeup buat Anda.

  1. Untuk menghasilkan tampilan makeup yang natural, aplikasikan foundation dengan tipis-tipis saja agar makeup tidak terlihat berlebihan nantinya. Jangan lupa untuk memilih warna foundation yang satu tingkat lebih cerah di atas warna kulit aslimu supaya bisa nge-blend dengan baik.

  2. Setting foundation dengan bedak padat jika jenis kulit Anda adalah kulit berminyak dan bedak padat jika kulit Anda adalah kulit kering. Memilih bedak yang tepat akan membuat riasan bertahan lebih lama di kulit Anda.

  3. Lukis alis sesuai dengan bentuk wajah Anda. alis sangat menentukan hasil akhir dari riasan Anda lho! Oleh karena itu, Anda harus berhati-hati saat melukis alis. Hindari memilih warna gelap seperti hitam pekat. Pilih warna coklat atau coklat muda untuk memberikan kesan ringan dan natural.

  4. Riasan mata juga penting untuk menyempurnakan tampilan Anda di saat Lebaran. Karena Anda ingin makeup yang natural, maka pilih warna-warna yang lembut untuk eyeshadow. Kemudian buat gradasi warna yang halus dengan warna yang lebih gelap untuk ujung belakang mata yang semakin terang hingga ke ujung depan mata.

  5. Untuk riasan bawah mara, oleskan eyeshadow warna coklat muda akan membuat mata terlihat lebih hidup.

  6. Bingkai mata dengan eyeliner yang tipis dan memanjang hanya di bagian atas mata saja. Lakukan dengan hati-hati agar hasilnya terlihat rapi dan tidak menggumpal.

  7. Sapukan maskara anti air pada bulu mata untuk mempertegas bingkai mata Anda. hindari memakai bulu mata palsu agar tidak mengganggu saat shalat Idul Fitri.

  8. Sapuan blush on pada pipi akan membuat Anda terlihat lebih segar. Pilih warna merah muda untuk memberikan rona alami pada wajah Anda. Saat mengaplikasikan blush on, tarik senyuman pada wajah Anda agar Anda bisa menyapukan blush on sesuai dengan bentuk tulang pipi.

  9. Terakhir, lipstik dengan warna nude dan hasil akhir matte akan mempertajam kesan natural pada riasan Anda. hindari warna-warna tajam seperti merah atau ungu.

  10. Lapisi lipstik dengan lip gloss tipis untuk memberi kesan kilau sehat nan alami pada bibir Anda.

 

Tips Makeup Agar Tahan Lama Saat Idul Fitri

Jika ingin riasan bertahan lama, pastikan wajah Anda benar-benar bersih sebelum Anda ber-makeup. Gunakan skincare terlebih dahulu untuk memastikan bahwa kulit Anda ternutrisi dengan baik.

Kemudian aplikasikan primer untuk melindungi kulit serta mempersiapkan kulit untuk lapisan riasan yang selanjutnya. Untuk produk foundation, utamakan foundation yang bebas minyak untuk mencegah kulit terlihat mengkilap setelah Anda beraktivitas selama seharian penuh.

Setelah melakukan sentuhan akhir dengan bedak yang sesuai kebutuhan kulit, semprotkan setting spray untuk memastikan riasan wajah Anda tidak mudah luntur. Selain itu, menggunakan produk-produk waterproof atau tahan air juga membantu agar riasan tetap bertahan lama.

Foto oleh @nisaput_hudia