WISATA | 06 JUN 2024

Umbulan Tanaka, Destinasi Wisata ala Jepang yang Ada di Malang

Malang yang sejuk memiliki banyak wisata pegunungan. Salah satunya adalah Umbulan Tanaka Waterfall, air terjun dengan sungai yang jernih dan dingin dengan ambience ala Jepang. Wisata Malang ini cukup populer di masyarakat. Bahkan saat akhir pekan, pengunjungnya bisa mencapai 1.000 orang! Tertarik dan ingin ke sana? Keep scrolling, ya!

Daya Tarik Umbulan Tanaka

Sumber: instagram.com/joe.yulian


Umbulan dalam bahasa Jawa adalah mata air. Objek wisata ini awalnya adalah mata air jernih dan air terjun yang mengalir alami di Dusun Arjomulyo. Sejak 4 tahun yang lalu, perangkat desa dan masyarakat sekitar mengelola lokasi ini menjadi objek wisata yang indah dan nyaman.

Nama Tanaka sendiri ternyata ada hubungannya dengan sejarah Dusun Arjomulyo. Sebenarnya, warga asli dusun ini berasal dari Kecamatan Singosari. Namun, mereka bermigrasi di era pemerintahan kolonial Jepang.

Perpindahan itu dibantu oleh Mitsuyuki Tanaka, seorang tentara Jepang yang bersimpati pada perjuangan kemerdekaan Indonesia. Daya tarik utama objek wisata di Kabupaten Malang ini adalah kolam jernih sepanjang 400 meter. Saking jernihnya, Anda bahkan bisa melihat ke dasar kolam, seperti sungai alami.

Sumber: instagram.com/n_aziza_h


Di tepi kanan dan kiri ada gazebo yang bisa dimanfaatkan untuk bersantai bersama keluarga.  Selain air terjun dan sungai bening, daya tarik lainnya adalah ambience umbulan yang mirip dengan suasana taman Jepang. 

Mulai dari model gazebonya, desain taman dan kolam, hingga pohon sakura buatan, umbul-umbul, dan lampion Jepang. Jika Anda ingin ke Negeri Sakura tetapi belum kesampaian, maka objek wisata alam ini bisa menjadi alternatif yang tidak kalah menyenangkan.

Rute Lokasi

Sumber: instagram.com/djafocafe.in


Umbulan Tanaka adalah salah satu objek wisata Malang yang berada di kaki gunung Kawi. Tepatnya di Dusun Arjomulyo, Desa Bagelan, Kecamatan Wonosari, Kabupaten Malang, Jawa Timur.

Terletak di sisi barat daya kota Malang, jika Anda berangkat dari pusat kota maka memerlukan waktu tempuh 1 jam saja ke lokasi ini melalui rute Gunung Kawi. 

Rute lainnya dari Malang adalah ke arah Kepanjen, lalu ke arah Blitar,  melintasi Jl. Raya Selopuro, lalu ambil rute ke Jl. Nasional III. Waktu tempuh sekitar 1,5 hingga 2 jam. Namun jika Anda berangkat dari Stasiun Sumberpucung, dari sana bisa menyewa ojek pangkalan atau ojek online. Tarifnya sekitar Rp30.000 hingga Rp40.000 per orang. 

Lantas, apakah bisa berangkat langsung dari Surabaya? Tentu saja. Anda tinggal melintasi jalan tol Surabaya menuju Mojokerto, dan keluar di exit Gempol.  Dari pintu tol Gempol, ambil jalur langsung ke kota Malang, lalu ke Kepanjen, hingga tiba di Umbul Tanaka.

Harga Tiket dan Jam Buka

Tiket masuk ke objek wisata ini sangat ekonomis, hanya Rp5.000 saja per orang. Sedangkan biaya parkir Rp2.000 untuk sepeda motor dan Rp4.000 untuk mobil.

Lapangan parkir luas tersedia di Balai Desa Arjomulyo, cukup untuk motor, mobil, bahkan minibus. Ada toilet yang bersih juga di parkiran. Dari sana, pengunjung bisa menyewa ojek seharga Rp5.000 per orang untuk naik hingga ke umbulan. Jika tidak ingin naik ojek, bisa berjalan kaki sambil menikmati pemandangan lereng gunung.

Setibanya di atas, segala lelah akan hilang oleh pemandangan indah. Anda dan keluarga bisa menikmati keindahan alam di sini dari pukul 07.00 WIB hingga pukul 17.00 WIB.

Tips Berkunjung ke Wisata Umbulan Tanaka

Sumber: instagram.com/na.w___w


Karena wisata Malang ini berada di tempat yang cukup terpencil, Anda harus menyiapkan beberapa hal penting sebelum memulai perjalanan. Yuk, simak tipsnya di bawah ini.

  • Belum ada kendaraan umum yang bisa mencapai lokasi umbulan. Maka, Anda harus menggunakan kendaraan pribadi. Alternatif lainnya adalah menyewa ojek atau taksi online.

  • Jalan menuju ke lokasi umbulan sebenarnya sudah cukup luas untuk mobil pribadi. Namun jika menggunakan bus, sebaiknya hubungi petugas terlebih dulu agar bisa dikawal sepanjang perjalanan masuk.

  • Bawa bekal secukupnya seperti uang tunai, kamera, dan jangan lupa membawa bekal makanan serta baju ganti.

Bagaimana, menarik bukan lokasi yang satu ini? Yuk, segera rencanakan perjalanan Anda ke wisata Malang Umbulan Tanaka Waterfall.