WISATA | 24 AUG 2021

Wajib Nyobain! 7 Tempat Nongkrong Artsy dan Instagramable Berupa Food Court Terkenal di Surabaya

Menjamurnya food court kekinian di Surabaya menjadi referensi baru untuk nongkrong dengan beragam sajian kuliner yang bisa dicoba dalam satu tempat. Suasana yang diberikan pun tetap santai dan seru, sehingga mampu menahanmu bersama teman maupun keluarga untuk berlama-lama disana. Berikut list food court terkenal di Surabaya yang mengusung tema artsy nan Instagramable yang bisa dijadikan referensi tempat nongkrong bersama para geng.

1. Aiola Eatery

karamaian di aiola eatery
Aiola Eatery (Sumber: julajuli.com)

Ini dia salah satu food court terkenal di Surabaya yang sering banget dijadiin tempat nongkrong anak muda. Tempatnya cukup strategis karena berlokasi di tengah kota dan juga berada di kawasan SMA Komplek (SMAN 1, SMAN 2, SMAN 5 dan SMAN 9). Tak heran jika pengunjung yang datang kebanyakan masih menggunakan seragam sekolah.

Aiola Eatery menyediakan stand-stand makanan yang beragam, mulai dari masakan Indonesia maupun Western. Mau ngemil santai? Bisa. Mau makan berat sampai kenyang? Jika bisa. Banyaknya varian makanan di food court ini membuat kamu bisa memilih ingin makan dalam occasion apa. 
Disini juga sering diadakan workshop dan live music, lho. Aiola Eatery memang pusatnya anak muda untuk berkumpul!

2. Be Waffle

suasana di dalam ruangan be waffle
Be Waffle (Sumber: BukaReview)

Masih satu wilayah dengan Aiola Eatery, ada lagi nih food court terkenal di Surabaya yang berlokasi di area SMA Komplek. Sesuai dengan namanya, menu primadona di tempat ini adalah waffle, pancake, dan aneka es krim. Namun seiring dengan perkembangannya, Be Waffle kini menyediakan makanan berat lain yang patut dicoba!

Tempatnya memiliki desain yang cheerful dan colorful, suasananya pun santai dan asik untuk dijadikan tempat nongkrong. Ada area indoor dan outdoor yang bisa kamu pilih. Kamu juga bisa bermain games seperti UNO Cards dan UNO Stacko disini.

3. Food Coma

suasana outdoor food coma
Food Coma (Sumber: Tumblr)

Mau nongkrong di tempat yang mengusung tema homey? Tenang, food court terkenal di Surabaya yang satu ini memiliki suasana seperti nongkrong di pekarangan rumah namun dikelilingi dengan beragam jenis tenant kuliner kekinian.

Bertempat di Jalan Ngagel Jaya Utara Nomor 46, Food Coma menyediakan tempat nongkrong indoor maupun outdoor dengan konsep yang berbeda namun tetap terasa nyaman dan seru.

Untuk area di dalam ruangan, tersedia sofa-sofa empuk dengan pendingin ruangan yang membuat suasana nongkrong seperti di rumah sendiri. Dindingnya dilukis dengan gambar-gambar keren dan dipadukan dengan color palette yang cerah. Mural artsy ini bisa kamu jadikan background foto bersama gengmu!

Tidak kalah menariknya dengan area indoor, area di luar ruangan memiliki sentuhan industrial yang tetap terkesan modern. Disini kamu akan merasakan seperti nongkrong di halaman belakang rumah yang tertutup namun tetap bisa merasakan semilir angin. Dikelilingi dengan tenant-tenant makanan kekinian, kamu bisa langsung memesan sendiri santapan untuk menemani waktu nongkrong.

4. Makmu

warna-warni desain makmu
Makmu (Sumber: Qupas)

Beralih ke daerah Surabaya Timur, ada Makmu yang bisa kamu temukan sebagai food court terkenal di Surabaya untuk tempat nongkrong bersama para geng. Tempat ini memang menjadi salah satu tempat menjajal kuliner, makanya jangan heran kalau Makmu selalu terlihat ramai dari luar. 

Desain dari tempat ini memiliki perpaduan artsy dan vintage. Begitu masuk ke dalam ruangan, pandanganmu akan tertuju dengan mural-mural keren yang diberi sentuhan warna pastel di dindingnya. Yang membuat unik adalah interior yang ada di dalamnya menggunakan tema vintage didominasi warna putih.

Makmu dapat menampung pengunjung hingga 265 orang, lho. Ada 4 area ruangan yang bisa ditemui disini: dua indoor, satu outdoor, dan satu semi-indoor.

5. Pakuwon Food Festival

tampak depan pakuwon food festival
Pakuwon Food Festival (Sumber: Pegi Pegi)

Bagi yang menyukai berburu kuliner di malam hari, Pakuwon Food Festival yang berlokasi di Jalan Kejawan Putih Mutiara X ini wajib untuk didatangi! Disini kamu bisa mencicipi berbagai variasi makanan, mulai dari street food, cemilan, makanan berat, cita rasa lokal maupun luar negeri juga ada. Bagaimana tidak. Pakuwon FoodFest ini memiliki kurang lebih 100 tenant makanan.

Untuk memasuki area Pakuwon FoodFest, kamu tidak perlu membayar biaya masuk. Tempat ini juga kadang-kadang mengadakan berbagai event seru, lho. Pokoknya, menghabiskan waktu nongkrong sambil cemal-cemil di tempat ini pasti anti-mati gaya!

6. Food Junction

Food Junction (Sumber: Travelingyuk.com)

Food court terkenal di Surabaya selanjutnya berlokasi di Surabaya Barat. Memiliki konsep open space, Food Junction memiliki desain yang menarik sehingga membuat para pengunjung betah berlama-lama disana.

Selain berisi food court yang bisa memuaskan perutmu dengan beragam jenis cemilan, makanan, dan minuman, kamu juga bisa berbelanja kebutuhan bulanan di Food Junction karena disana juga tersedia supermarket.

Sedangkan di area outdoor-nya, terdapat sebuah danau cantik yang dikelilingi dengan wahana-wahana seru untuk anak. Kamu bisa menyewa perahu bebek yang dikemudikan di danau, mencoba wahana trampolin, naik bianglala, atau mengendarai mobil hias sambil mengelilingi Food Junction.

7. Haryono Kitchen

keramaian di haryono kitchen
Haryono Kitchen (Sumber: TripAdvisor)

Siapa nih yang demen travelling? Pasti kamu sudah tidak asing dengan Haryono Tours & Travel. Nah, food court terkenal di Surabaya yang ini merupakan milik jasa travel tersebut. 

Food court ini menyajikan beragam kuliner yang populer yang memuaskan lidah dan perut, lho. Ada Nasi Campur Bu Ida, Bakso Pak Djo, Somay Little Menteng, Bebek Remuk Bukit Mas, Wah-Kee, Warung Omahan, dan SS Food Corner. Jika ingin mencoba sajian makanan tersebut, silakan meluncur ke Jalan Sulawesi nomor 27-29. Tempatnya berada di lantai 1 kantor Haryono.