WISATA | 24 AUG 2021

7 Rekomendasi Restoran Murah di Surabaya untuk Quality Time Bersama Orang Terdekat

Terdapat banyak sekali restoran yang tersebar di seluruh antero Surabaya, mulai dari restoran fine dining yang fancy hingga restoran yang affordable bisa kamu temui di Kota Pahlawan ini. Kalau kamu hendak mengajak teman, rekan kerja, atau keluarga untuk menikmati makan bersama di luar, kamu bisa mengajak mereka ke restoran murah di Surabaya yang akan terangkum di artikel ini.

Meskipun dengan harga yang masih terjangkau, restoran-restoran yang akan disebutkan disini tidak murahan sama sekali, lho. Diimbangi dengan desain tempat yang bagus dan juga sajian makanan yang ga kalah nendang dengan restoran fancy, kamu bisa menghabiskan quality time bersama orang-orang tersayang di restoran-restoran berikut.

1. SAS Cafe and Resto

pondok-pondok di pekarangan sas cafe and resto surabaya
SAS Cafe and Resto (Sumber: sascafenrestosurabaya.com)

Siapa sangka di kota metropolitan seperti Surabaya yang memiliki cuaca panas ternyata punya restoran yang mengusung tema back to nature dengan panorama desa yang indah? Bersantap di suasana desa yang tenang beserta semilir angin bisa kamu dapatkan di SAS Cafe n Resto yang berlokasi di Jalan Baskara Sawah Nomor 30.

Disini kamu bebas memilih spot untuk menyantap hidangan yang kamu pesan. Mau duduk di dalam ruangan, atau di luar ruangan yang bisa langsung menikmati hamparan sawah hijau yang asri di gazebo, area taman maupun gubuk lesehan yang tersedia.

Kalau soal menu, tidak usah ditanyakan lagi. Tempat ini memiliki masakan yang beragam, mulai dari masakan nusantara, Chinese food, hingga Western food. Namun yang menjadi andalannya adalah hidangan seafood yang menggugah selera. Harganya yang terjangkau pun menjadikan SAS Cafe n Resto menjadi salah satu restoran murah di Surabaya.

2. Soto Lamongan Cak Har

keramaian di soto lamongan cak har
Soto Lamongan Cak Har Surabaya (Sumber: Etrans.id)

Siapa disini yang penggemar soto? Kalau kamu gemar mencoba berbagai sajian soto, kamu wajib banget mengunjungi tempat yang sudah populer di kalangan arek Suroboyo ini.

Soto Cak Har disebut-sebut sebagai salah satu soto yang melegenda di Surabaya. Kuah sotonya memiliki ciri khas tersendiri apalagi jika ditambah koya yang tersedia di setiap meja, sehingga kamu bisa bebas menciduk seberapa banyak koya yang kamu inginkan.

Tempat ini cocok kamu datangi beramai-ramai karena memiliki area parkir dan makan yang luas. Harganya pun masih sangat terjangkau di kantong.

3. Warung Bu Kris

aneka menu penyetan warung bu kris
Warung Bu Kris (Sumber: Warung Bu Kris)

Restoran murah di Surabaya yang ini menghidangkan makanan dengan cita khas Surabaya. Berbagai macam jenis penyetan, ayam bakar, olahan bebek, empal suwir, dan lain sebagainya bisa kamu temukan di tempat ini. Salah satu yang ikonik dari resto Bu Kris ini adalah aneka sambal dengan berbagai level yang bisa kamu pilih sesuai selera.

Tempatnya yang nyaman dengan pendingin ruangan membuatmu lebih betah untuk menghabiskan menu pilihanmu disini. Harga menunya dibandrol mulai dari Rp8.000 hingga Rp50.000-an untuk setiap menunya. Murah dan nikmat!

4. D’Cost Seafood

lampu neon d'cost seafood
D’Cost Seafood (Sumber: D’Cost Seafood)

Mau makan makanan ala kaki lima tapi dengan suasana bintang lima? Ini dia tempat yang cocok buat kamu. D’Cost Seafood memiliki banyak cabang yang tersebar di seluruh Indonesia, salah satunya yang ada di Surabaya pun menjadi restoran favorit bagi banyak orang.

Tempatnya cukup luas, nyaman, serta menawarkan berbagai macam hidangan nusantara dan seafood. Beberapa yang menjadi menu andalannya di antara lain adalah nasi  goreng, ayam saus asam manis, cumi saus padang, berbagai olahan udang, kepiting soka kremes, dan masih banyak lagi.

Bicara soal harga, tidak perlu khawatir karena D’Cost Seafood merupakan restoran murah di Surabaya. Kamu hanya perlu mengeluarkan budget antara Rp25.000 hingga Rp93.000 saja. Restoran ini cocok bagi kamu yang ingin mengadakan acara makan bersama dengan banyak orang.

5. Ayam Bakar Primarasa

pekarangan depan ayam bakar primarasa
Ayam Bakar Primarasa (Sumber: www.primarasaresto.com)

Chicken delight menjadi salah satu comfort food bagi orang Indonesia, kamu setuju tidak? Di Surabaya ada restoran murah yang menyajikan hidangan ayam yang kenikmatannya sudah melegenda, sebab resep yang digunakan dipakai secara turun-menurun.

Ayam Bakar Primarasa menyediakan tempat makan dengan beragam menu yang bisa kamu nikmati bersama rombongan yang kamu bawa. Di tempat ini disediakan 200 kursi dan juga lapangan parkir yang luas, pokoknya cocok banget untuk acara makan rame-rame!

6. Botanika

suasana indoor botanika surabaya
Botanika (Sumber: Qraved)

Memiliki konsep hijaunya tumbuh-tumbuhan dengan furniture dominan kayu, Botanika menjadi restoran yang sering dijadikan lokasi wedding karena estetika desain ruangannya, lho. Restoran ini memiliki dua lantai juga area outdoor yang sangat cantik karena dihiasi dengan tumbuh-tumbuhan hijau yang menyegarkan pandangan.

Berlokasi di Jalan Kertajaya Indah Blok F Nomor 303, Botanika terkenal dengan sajian khas nusantaranya yang lezat, seperti nasi kuning, dendeng, rendang, roti jalai gulai Aceh, kroket, kakap, dan masih banyak lagi. Minumannya juga didominasi dengan wedang-wedangan khas Indonesia, lho. Ada wedang jahe, kunyit, sinom, aneka jus, dan lain sebagainya.

Meski terlihat fancy dari luar, namun Botanika merupakan restoran murah di Surabaya yang ramah di kantong. Untuk menikmati hidangan di restoran penuh tanaman-tanaman hijau ini, range harganya dipatok dari Rp19.000 hingga Rp120.00-an.

7. Ikan Bakar Cianjur

tampak depan ikan bakar cianjur
Ikan Bakar Cianjur (Sumber: Qupas)

Kalau ingin mengajak rekan kerja ataupun keluarga untuk makan malam dengan hidangan seafood, ajak saja ke Ikan Bakar Cianjur. Memiliki banyak cabang yang tersebar di Surabaya, lokasi IKB tidak sulit ditemukan dan mudah dijangkau darimana saja.

Di restoran yang bernuansa Sunda ini kamu akan dijamu dengan aneka makanan Sunda juga berbagai olahan seafood yang menggugah selera. Gurame Pesmol adalah salah satu menu yang best seller dan menjadi favorit banyak orang. 

Restoran murah di Surabaya ini juga sudah dikenal oleh banyak orang sejak dulu kala. Bahkan selalu menjadi pilihan destinasi makan bagi banyak keluarga.