WISATA | 19 JAN 2022

Hutan Bambu Surabaya: Harga Tiket Masuk, Lokasi & Info Lain

Sebagai kota terbesar yang ada di Jawa Timur, Surabaya identik dengan bangunan gedung tinggi nan megah serta udara yang sangat panas. Tapi jangan salah, kota Surabaya sebenarnya cukup asri dengan banyaknya ruang terbuka hijau yang tersebar di seluruh penjuru kota.

Salah satunya adalah Hutan Bambu Surabaya yang berlokasi di kawasan Keputih. Meski berada di tengah kota besar, hutan bambu memiliki hawa yang asri dan sejuk, cocok untuk bersantai dan melepas penat dari berbagai kesibukan Anda setiap hari.

Tentang Hutan Bambu Surabaya

Foto oleh @primategar 

Anda pernah dengar tentang Sagano Bamboo Forest? Itu adalah hutan bambu yang sangat terkenal di negeri Sakura dan banyak menarik perhatian banyak turis. Kalau Anda ingin menikmati pemandangan yang sama, nggak perlu jauh-jauh ke Jepang. Ada Hutan Bambu Surabaya yang tidak kalah indahnya!

Sebelum jadi hutan bambu dengan suasana bak di Jepang seperti sekarang, lokasi ini sebelumnya digunakan sebagai lahan Tempat Pembuangan Akhir (TPA) oleh pemerintah Surabaya. Tetapi sejak TPA dipindah ke Benowo pada tahun 2000, lahan ini kemudian menjadi kosong dan tidak berfungsi.

Walikota Surabaya yang ketika itu menjabat, Tri Rismaharini, menyulap lahan ini menjadi taman terbuka hijau yang disebut Taman Hutan Bambu. Warga lokal Surabaya sering menyebut tempat ini sebagai Hutan Bambu Keputih, karena lokasinya yang ada di kawasan Keputih.

Hutan bambu ini berdiri di atas area seluas 40 hektar yang dibagi menjadi 3 area berbeda yaitu Hutan Bambu, Taman Harmoni, dan Taman Ruang Publik.

Harga Tiket Masuk dan Jam Operasional

Sebagai ruang terbuka hijau, Hutan Bambu Surabaya bisa dikunjungi secara gratis. Anda hanya perlu membayar biaya parkir kendaraan saja, lalu bisa menikmati kesejukan dan keindahan pemandangan hutan bambu sepuas hati. Selain itu, hutan bambu juga bebas dikunjungi kapan saja selama 24 jam!

Lokasi Hutan Bambu Surabaya

Hutan Bambu Surabaya terletak di Surabaya Timur, dekat dengan kampus Institut Teknologi 10 Nopember Surabaya (ITS) dan Atlantis Land Kenjeran. Lokasinya sangat mudah dijangkau dengan menggunakan kendaraan pribadi atau kendaraan umum karena tepat berada di seberang Terminal Keputih.

  • Alamat: Jl. Raya Marina Asri, Keputih, Kec. Sukolilo, Kota SBY, Jawa Timur 60111

  • Jam buka: 24 jam

Kegiatan yang Bisa Dilakukan di Hutan Bambu

Foto oleh @rrr.angie.lie 

Namanya boleh Hutan Bambu, tapi ternyata banyak kegiatan yang bisa Anda lakukan di sini lho! Misalnya buat Anda yang suka berburu foto, Hutan Bambu punya banyak spot favorit yang layak diabadikan. Salah satu spot favorit adalah jalan yang diapit bambu tinggi nan rindang di kedua sisinya, membuat foto Anda terlihat lebih estetik. Lokasi hutan bambu juga sangat sering digunakan untuk foto pre wedding dengan tema outdoor.

Buat Anda yang ingin mengajak anak-anak untuk menikmati suasana santai akhir pekan, ada Taman Harmoni yang dilengkapi berbagai macam permainan seru. Taman ini dibuka sejak tahun 2011 dan tidak pernah sepi pengunjung.

Jalan-jalan tidak harus mahal. Bahkan dengan mengunjungi tempat seperti Hutan Bambu Surabaya saja, Anda sudah bisa melepaskan penat dari berbagai macam kesibukan yang menyita waktu. Baik dengan keluarga, teman, atau pacar, pastikan Anda mampir ke hutan bambu satu ini ya!