WISATA | 24 AUG 2021

Fakta Menarik tentang Tunjungan Plaza Surabaya, Mal Terluas Sejagat Surabaya!

Surabaya disebut juga sebagai kota metropolitan karena menjadi kota kedua terbesar dan teramai setelah Jakarta. Julukan tersebut dinobatkan untuk Surabaya karena Kota Pahlawan ini memiliki letak yang strategis dan berpotensi sebagai pasar pertumbuhan ekonomi. Pertumbuhan pusatnya tak luput oleh perkembangan pusat perbelanjaan yang menjadi kawasan hiburan untuk masyarakatnya. Salah satu yang paling terkenal adalah Tunjungan Plaza Surabaya.

Tahukah kamu, Tunjungan Plaza Surabaya merupakan mal terbesar dan terluas sejagat Surabaya? Bahkan kabarnya, mal ini mengalahkan dua mal terluas yang ada di Jakarta, lho. Simak fakta-fakta menarik tentang Tunjungan Plaza Surabaya di artikel berikut!

1. Tunjungan Plaza Surabaya sudah berdiri sejak tahun 1986, lho!

Tunjungan Plaza Surabaya pertama kali dibangun pada tahun 1983. Pembangunannya berawal dari pendirian Plaza Tunjungan I. Kemudian, mal ini dibuka dan diresmikan pada tahun 1986.

Awalnya, pusat perbelanjaan ini memiliki nama Plaza Tunjungan. Namun pada tahun 2006 terjadi perubahan nama juga logo yang terlihat lebih dinamis. Hingga sekarang, mal terbesar seluruh jagat Surabaya ini dikenal dengan sebutan Tunjungan Plaza Surabaya.

2. Terdiri dari Tunjungan Plaza I hingga Tunjungan Plaza VI

tunjungan plaza surabaya
Sumber: https://www.tunjunganplaza.com/

Beredar banyak lelucon mengenai mal terbesar se-Surabaya ini di jagat maya yang mengatakan bahwa kamu bisa saja tersesat di mal ini jika tidak menghafal keseluruhan lantai dan sisi.

Bagaimana tidak, TP terdiri dari Tunjungan Plaza I hingga Tunjungan Plaza VI! Tak jarang banyak netizen yang membuat candaan yang menyatakan kalau jalan-jalan di TP bisa bikin kurus sampai bikin kaki pegal.

Renovasi Tunjungan Plaza I dan II dilakukan pada tahun 2007. Proses renovasi juga dilakukan pada Tunjungan Plaza III dan IV, dimana mal ini melakukan ekspansi yang lebih luas. Pada tahun 2015, Tunjungan Plaza V resmi dibuka. Dan baru-baru ini, TP juga memiliki kawasan baru yaitu Tunjungan Plaza VI.

Pembagian lokasi ini membuat TP memiliki cakupan yang luas, sehingga sangat tidak mungkin untuk tidak menemukan apa yang kamu cari di mal ini. Sebab, toko-toko dari brand ternama mulai dari yang lokal hingga internasional bisa kamu temukan disini.

3. Memiliki luas 18 hektar

Tak heran jika kamu bisa merasa lemas sehabis berkeliling di TP, karena mal ini memiliki luas area sewa sebesar 180.000 meter persegi atau 18 hektar! Fakta ini disebutkan oleh Alexander Stefanus Ridwan, Ketua Umum Asosiasi Pengusaha Pusat Belanja Indonesia. 

Kabarnya, TP bahkan mengalahkan luas Grand Indonesia dan Summarecon Mall Kelapa Gading, lho! Ungkapan “shopping is my cardio” sangat valid jika kamu berbelanja di Tunjungan Plaza Surabaya!

4. Tunjungan Plaza Surabaya menjadi pusat perbelanjaan yang terluas dan terlengkap di Surabaya

Sumber: Hamasah

Seperti yang sudah sedikit disinggung di poin kedua, TP memiliki toko-toko dari brand ternama dari dalam negeri maupun luar negeri, sehingga fakta ini lah yang menjadikannya sebagai pusat perbelanjaan terluas dan terlengkap se-Surabaya.

Selain toko-toko dari brand ternama yang memanjakan kebutuhan, fasilitasnya dan sara yang lengkap juga menjadi daya tarik utama bagi warga Surabaya maupun wisatawan yang berkunjung.

Di Atrium TP juga sering diadakan bazar yang menawarkan diskon serta event menarik seperti acara musik, acara untuk anak, modeling, fashion show, dan masih banyak lagi.

5. Area foodcourt-nya tersebar di berbagai sisi!

Setelah lelah berkeliling dan berbelanja di TP, kamu tidak perlu khawatir kelaparan karena mal ini menyediakan banyak merchant makanan yang tersebar di banyak sisi.

Mulai dari hidangan Nusantara, Western, Asia, hingga yang unik-unik pun bisa kamu temukan disini. Harganya juga beragam, lho. Jadi, kamu bisa sesuaikan dengan budget yang kamu miliki.