WISATA | 24 AUG 2021

7 Makanan Unik Surabaya Wajib Cicip Buat Pecinta Kuliner!

Makanan Unik Surabaya – Surabaya bukan hanya dikenal sebagai Kota Pahlawan. Namun juga sebagai surga kuliner. Banyak wisatawan khususnya Jawa Timur yang mampir mengunjungi Surabaya hanya untuk menikmati citarasa makanan unik Surabaya.

Kalau kamu kebetulan atau berencana untuk mengunjungi Surabaya, ada baiknya kamu mencoba mencicipi beragam makanan khas Surabaya di bawah ini. Harganya pun bervariasi namun tetap ramah di kantong. Intip yuk!

1. Sate Klopo

makanan unik surabaya
Sumber: https://phinemo.com/

Sate Klopo berarti sate kelapa. Wah, apakah kelapa bisa dijadikan sate? Tentu kamu bertanya-tanya apakah daging kelapa yang manis bisa tebal seperti yang kamu lihat.

Ternyata, sate klopo merupakan daging sapi yang diiris tipis lalu dibalur dengan parutan kelapa lalu dibakar. Citarasanya tentu unik apalagi dengan sentuhan manis gurih kelapa dengan lezatnya daging sapi dan bumbu sate yang nikmat!

Sate klopo yang paling terkenal adalah Sate Klopo Ondomohen yang selalu dikerumuni pengunjung. Yuk mampir!

2. Sate Laler

makanan unik surabaya
Sumber: jalanbareng.com

Sate apa lagi ini? Kalau dari namanya sih berarti sate lalat. Hii, terdengar aneh, ya? Kenyataannya, sate laler merupakan sate khas masyarakat Madura yang dibuat dari daging kambing atau ayam namun dipotong sangat kecil. Yang unik juga cara membakarnya tidak terlalu lama sehingga bumbu dan kecapnya masih sangat terasa nikmat.

3. Tahu Campur

makanan unik surabaya
Sumber: Fimela.com

Tahu campur merupakan makanan unik Surabaya yang dikenal luas. Sesuai namanya, tahu campur merupakan tahu goreng yang dicampur dengan daging sapi, tauge, selada air, dan mie kuning. Disajikan dengan kuah yang kuat dengan petis, wah pasti sangat menggiurkan dengan tambahan kerupuk udang!

Salah satu rekomendasi tahu campur terbaik adalah tahu campur Kalasan yang melegenda. Harganya? Cuma Rp 8.000 saja!

4. Sate Karak

makanan unik surabaya
Sumber: jatimnow.com

Pecinta jeroan boleh merapat! Sate Karak merupakan sate dengan bahan jeroan sapi khususnya usus yang sudah disiapkan dengan bumbu yang gurih dan tidak amis. Namun umumnya juga dicampur dengan daging, kok. Uniknya, sate karak disajikan dengan ketan hitam sebagai pengganti nasi, lho. Penasaran?

Sate Karak merupakan makanan unik yang berasal dari daerah Ampel, Surabaya Utara. Sajian ini sudah tersedia sejak tahun 1960. Kamu bisa mendapatkannya di kawasan Sunan Ampel dengan harga sekitar Rp 15.000 saja.

5. Bebek Goreng

Sumber: sayangperut.com

Penggemar kuliner umumnya berbondong-bondong untuk mencoba kuliner khas Surabaya yaitu bebek goreng. Ciri khas bebek goreng Surabaya adalah digoreng hingga garing sehingga renyahnya kulit hingga empuknya daging sangat terasa! Apalagi jika disajikan dengan sambal khas Surabaya, sambal hijau, dan serundeng atau parutan kelapa goreng. Yummy banget!

Salah satu yang terkenal adalah Bebek Tugu Pahlawan yang melegenda. Siap-siap antri, tapi pasti sepadan dengan kenikmatannya!

6. Rawon Kalkulator

Sumber: Travel Kompas

Wah, kenapa namanya rawon kalkulator? Rupanya, ciri khas dari makanan Surabaya ini adalah kecepatan dan ketepatan penjual dalam menghitung biaya tanpa perlu menggunakan kalkulator!

Rasanya sendiri gurih dan hangat, apalagi disajikan dengan kerupuk udang serta tempe goreng yang maknyus. Lokasinya berada di Taman Bungkul yang dikenal sebagai taman terbaik se-Asia Tenggara. Pas banget!

7. Pecel Semanggi

Sumber: GNFI

Pecel ini merupakan pecel kebanggaan arek-arek Suroboyo. Keunikan kuliner ini terdapat pada bahannya yaitu tanaman semanggi dengan rasa yang lebih gurih dan mudah dikunyah daripada sayur pecel umumnya. Bumbunya pun lebih berbeda dan lebih ringan. Cara menyantapnya pun menggunakan kerupuk puli besar sebagai pengganti nasi. Wajib coba!

Sayangnya, pecel semanggi semakin jarang ditemukan di penjuru Surabaya. Pastikan ketika kamu bertemu penjualnya, cobalah untuk mencicipinya, ya! Harganya sangat murah dan ciri-ciri penjualnya adalah ibu-ibu lanjut usia dan meletakkan keranjang pecel di kepala.