WISATA | 08 NOV 2021

Akses Transportasi Surabaya Lebih Mudah, Ini Alasannya!


Akses transportasi Surabaya - Surabaya merupakan salah satu kota besar di Indonesia. Tentunya, kota satu ini memiliki beragam tempat wisata yang wajib dikunjungi. Selain sebagai ibukota Jawa Timur, Surabaya juga mendukung mobilitas masyarakatnya lebih mudah dengan berbagai moda transportasi. 


Salah satu pertimbangan banyaknya pengunjung yang mengunjungi Surabaya adalah adanya kemudahan transportasinya. Mudahnya akses transportasi yang biasanya digunakan untuk mobilitas atau digunakan wisatawan untuk mengunjungi tempat wisata ini, tidak terlepas dari beberapa rencana dan program pemerintah Surabaya. Berikut ini adalah beberapa program yang akan dijalankan oleh pemerintah Kota Surabaya untuk mendukung kemudahan akses transportasi. 


Pariwisata dan transportasi di Surabaya terintegrasi 


Sejak pandemi Covid-19 melanda Indonesia, pemerintah daerah Surabaya bertujuan untuk mendukung percepatan pemulihan ekonomi di Kota Surabaya. Rencana tersebut kemudian dilanjutkan dengan program lintas urusan yaitu, pariwisata dan perhubungan. Seiring dengan perkembangan kasus Covid-19 yang menurun tentunya kemudahan akses transportasi bisa membantu pemulihan sektor wisata. Hal ini karena sektor wisata merupakan salah satu penting yang dapat menciptakan efek pengganda ekonomi.


Jika di tempat wisata seperti Kebun Binatang Surabaya, Kawasan Religi Sunan Ampel, dan Kenjeran Park sudah memiliki akses transportasi yang muda. Pemerintah Surabaya berencana untuk memberikan akses transportasi pada tempat-tempat wisata lainnya. Sehingga wisatawan luar kota, bisa mendapatkan akses transportasi mudah di surabaya.


Rencana ini merupakan agenda penting pemerintah Surabaya untuk pemulihan sektor pariwisata dan untuk pemulihan ekonomi. Banyaknya tempat wisata di Surabaya ini juga harus dibarengi dengan akses transportasi yang mudah agar hasilnya optimal.


Dishub Surabaya berencana menambah 36 armada pengumpan




Selain mengintegrasikan dengan tempat wisata di Surabaya. Dishub Kota Surabaya juga tengah menambah kembali armada feeder. Rencananya ini akan dioperasikan mulai tahun depan.Transportasi ini akan digunakan sebagai koneksitas antar moda termasuk untuk wisata, belanja, wisata edukasi, history, heritage, wisata kuliner, UMKM, taman kota dan lain sebagainya.


Penambahan transportasi ini juga dibarengi dengan sosialisasi terhadap para sopir serta memastikan road map dan masterplan operasional feeder yang sebelumnya sudah beroperasi.


Pastinya dengan penambahan transportasi ini akan memudahkan masyarakat untuk bepergian, dan bisa menjadi salah satu program untuk memperbaiki sistem transportasi di Surabaya.


Rute dan fasilitas Suroboyo Bus semakin bertambah


Pada bulan Agustus 2021 Gubernur Surabaya, Eri Cahyadi meresmikan 8 Suroboyo Bus baru untuk melengkapi 20 armada yang sudah beroperasi sebelumnya. Armada baru ini juga akan melayani rute baru dari Terminal Intermoda Joyoboyo (TIJ) hingga Mayjend Jono Soewojo.


Suroboyo Bus juga semakin dipermudah dalam sistem pembayarannya. Tidak hanya menukar botol plastik, namun penumpang juga bisa melakukan pembayaran non tunai (elektronik), top up dan melalui scan QRIS yang terhubung dengan layanan jasa pembayaran non tunai.  


Kemudahan akses transportasi Surabaya juga karena rute Suroboyo Bus baru yang memiliki panjang 21 kilometer terhitung dari lokasi pemberangkatan hingga kembali ke lokasi pemberangkatan semula. 


Itu lah beberapa program pemerintah yang akan memudahkan akses transportasi di Surabaya. Buat kamu yang ingin berkunjung ke Surabaya akan semakin mudah untuk bepergian, dan berkunjung ke satu tempat wisata ke tempat wisata lainnya. 


Jangan lupa jika selesa berkunjung ke Surabaya, bawa oleh-oleh khas Surabaya. Apalagi kalau bukan Lapis Kukus Pahlawan. Rasanya yang manis dan lembut, serta hadir berbagai varian rasa pasti bikin kamu ketagihan. Tunggu apalagi dapatkan segera di outlet-outlet terdekat yang ada di Surabaya, ya!