WISATA | 26 MAY 2024

Lengkap! Cara Naik Bus Surabaya, Rute, dan Tarifnya

Anda penasaran ingin berkeliling Kota Pahlawan? Ayo simak cara naik Bus Surabaya di bawah ini. Bus adalah transportasi asyik dan murah meriah untuk mengitari Surabaya. Nyaman, anti macet, dan membantu kelestarian lingkungan.

Nah, bagi Anda yang penasaran ingin mencoba, berikut adalah cara naik Bus Surabaya. Lengkap dengan tarif, cara pembayaran, dan rutenya.

Apa Itu Bus Surabaya?

Sumber: instagram.com/dishubsurabaya


Bus Surabaya mirip dengan bus TransJakarta di Ibukota atau TransMetro di Pekanbaru. Rutenya mengelilingi kota dengan perhentian di beberapa halte. Sedangkan jam operasionalnya dari pukul 05.30 WIB hingga 21.00 WIB setiap hari.

Bus yang luas dan dilengkapi pendingin udara ini merupakan program Pemkot Surabaya sejak 7 April 2018. Hingga kini sudah ada 20 unit bus tingkat dan low floor yang beroperasi.

Saat awal beroperasi, Suroboyo Bus atau Bus Surabaya tidak memungut biaya dari para penumpangnya. Lalu seiring waktu, peraturan berubah dan penumpang dapat membayar menggunakan botol plastik bekas yang ditukar dengan voucher tiket bus.

Tarif dan Cara Pembayaran Bus Surabaya

Sumber: instagram.com/dishubsurabaya


Informasi awal sebelum mencoba cara naik Bus Surabaya adalah mencari tahu berapa tarif bus dan bagaimana pembayarannya. 

Suroboyo Bus yang kerap dipanggil ‘Bus Tayo’ oleh masyarakat Surabaya ini memasang tarif cukup murah untuk penumpangnya. Yaitu Rp2.500 untuk pelajar dan mahasiswa, serta Rp5.000 untuk penumpang umum untuk 2 jam perjalanan.

Namun, Anda tidak bisa membayar secara tunai. Ada beberapa pilihan cara pembayaran Bus Surabaya, yaitu:

  • Menggunakan QRIS (LinkAja, Dompetku, GoPay, ShopeePay, DANA, M-banking, dan OVO)

  • Menggunakan e-money (Flazz BCA, Brzzi BRI, TapCash)

  • Menggunakan poin Gobis

  • Voucher botol plastik

  • Voucher KIA (Kartu Identitas Anak)

Voucher botol plastik dan aplikasi Gobis

Untuk voucher botol plastik, dapat Anda peroleh dengan menukarkan botol plastik di pos-pos tertentu. Yaitu di Terminal Kasuari, Terminal Intermoda Joyoboyo, PNR Arif Rahman Hakim, dan Bank Sampah Samber 10. Lokasi lengkap penukaran botol dapat Anda lihat di aplikasi Gobis.

Nah, setiap botol yang ditukarkan akan mendapat poin, dengan ketentuan 1 poin setara dengan:

  • 3 botol besar 1.500 ml 

  • 5 botol ukuran 600 ml

  • 10 botol ukuran 300 ml

  • 10 gelas plastik 240 ml

Poin tersebut akan ditukar dengan voucher yang bisa Anda tunjukkan ke petugas saat akan naik Bus Surabaya.

Bagi Anda yang ingin mencoba aplikasi GoBis, dapat mengunduhnya dulu Apps Store atau Play Store. Lalu saat menukar botol, poin akan bertambah ke voucher member. Gunakan voucher ini untuk membayar tiket bus.

Aplikasi GoBis juga memiliki fitur ‘Menunggu di Halte’, yang akan memudahkan wisatawan melacak posisi bus dengan akurat. Anda dapat men-scan QR Code di halte bus. 

Setelah itu, kru Bus Surabaya akan mendeteksi keberadaan Anda. Ini adalah cara naik Bus Surabaya yang praktis tanpa harus menunggu lama di halte.

Selain cara bayarnya, keistimewaan lain bus ini adalah adanya layanan menumpang gratis bagi beberapa kategori penumpang, yaitu:

  • Lansia berusia minimal 60 tahun

  • Anak di bawah usia 5 tahun

  • Penyandang disabilitas

  • Veteran 

Layanan ini berdasarkan pada Peraturan Walikota Surabaya No. 22 Tahun 2023. Keren sekali, bukan?

Rute Bus Surabaya

Sumber: instagram.com/artap.id


Setelah mengetahui tarif, cara naik Bus Surabaya selanjutnya adalah mencari tahu rute bus ini. Di awal peluncuran, hanya ada 1 rute yaitu Purabaya-Rajawali. Per Maret 2024, rute Bus Surabaya adalah:

Purabaya-Rajawali PP

Terminal Purabaya – Dukuh Menanggal – Siwalankerto – Taman Pelangi – RS Bhayangkara – UBHARA – Pusvetma – Ketintang – Terminal Intermoda Joyoboyo – Museum BI – Rumah Sakit Darmo – Gozco – Pandegiling – Urip Sumoharjo 1 – Basra – Kaliasin – Embong Malang – Blauran – Pirngadi – Pasar Turi – Masjid Kemayoran – Indrapura – Rajawali

Rajawali – Jembatan Merah – Veteran – Tugu Pahlawan – Alun-alun Contong – Siola – Tunjungan – Simpang Dukuh – Gubernur Suryo – Pangsud – Sono Kembang – Urip Sumoharjo 2 – Pandegiling 2 – Santa Maria – Darmo – Marmoyo – Joyoboyo 2 – RSAL – Margorejo – Wonocolo – UIN – Jemur Ngawinan – Siwalankerto 2 – Kertomenanggal – Terminal Purabaya

Rute Suroboyo Bus Tumpuk (PP)

Terminal Purbaya – Dukuh Menanggal – Siwalankerto – Taman Pelangi – RS Bhayangkara – UBHARA – PUSVETMA – Ketintang – Joyoboyo – Museum BI – RS Darmo – Gozco – Pandegiling – Urip Sumoharjo 1 – Basra – Kaliasin – Embong Malang – Blauran – Pirngadi

Alun-alun Contong – Siola – Tunjungan – Simpang Dukuh – Gubernur Suryo – Pangsud – Sono Kembang – Urip Somoharjo 2 – Pandegiling 2 – Santa Maria – Darmo – Marmoyo – Joyoboyo 2 – RSAL – Margorejo – Wonocolo – UIN – Jemur Ngawinan – Siwalankerto 2 – Kertomenanggal – Terminal Purabaya

Rute Unesa-TOW (PP)

UNESA – Graha Family A – PTC A – Jono Soewojo 1 – Samsat Tandes 1 – Sentong Asri A – Margomulyo Indah A – Margomulyo 1 – PKB Tandes A – Simpang Margomulyo A – T.O.W

T.O.W – Simpang Margomulyo B – PKB Tandes B – Margomulyo 2 – Margomulyo Indah B – Sentong Asri B – Samsat Tandes 2 – Darmo Permai 1 – Jono Soewojo 2 – PTC B – Graha Family B – Bundaran UNESA

Demikianlah cara naik Bus Surabaya, lengkap dengan tarif, cara pembayaran, dan rute bus. Anda dapat memperoleh info lengkap juga di aplikasi GoBis. Ternyata cara naik Bus Surabaya ini praktis dan mudah, ya? Kini Anda dapat berkeliling Kota Pahlawan dengan santai. Selamat menikmati perjalanan!