WISATA | 08 NOV 2021

Cek Yuk, Fitur-Fitur Go-Bus, Aplikasi Transportasi Surabaya!


Aplikasi Transportasi Surabaya - Komitmen dan kepedulian pemerintah Surabaya terhadap pelayanan kepada masyarakat dan juga sebagai upaya menjaga lingkungan, diwujudkan dengan adanya transportasi umum, Suroboyo Bus. Transportasi umum ini bisa dibayar dengan hanya menukarkan tiket naik dengan botol minum bekas. 


Selain murah dan bermanfaat, pemerintah Surabaya juga mendukung adanya transportasi ini dengan membuat aplikasi Go-Bus. Aplikasi ini dikembangkan untuk mendeteksi dan memantau posisi terakhir Suroboyo Bus dan bus tingkat saat beroperasi. Aplikasi tersebut bisa diunduh secara gratis di smartphone di Android maupun iOS. Berikut adalah fitur-fitur yang wajib diketahui sebelum menggunakan Suroboyo Bus dengan memakai aplikasi Go-Bus. 


Peta digital secara real time




Dengan menggunakan aplikasi Go-Bus, pengguna bisa mengetahui informasi tentang rute Suroboyo Bus yang dilengkapi dengan peta digital. Peta digital ini bisa dilihat oleh pengguna secara real time atau informasi keadaan pada saat itu juga. 


Pada fitur ini pengguna bisa mengetahui perkiraan tiba bus di halte jam berapa dan mengetahui posisi terakhir bus tersebut. Sehingga pengguna tidak akan ketinggalan dan bisa memperkirakan jam berapa untuk menunggu Suroboyo Bus di halte terdekat.  


E-Ticketing


Pada aplikasi Go-Bus juga terintegrasi dengan e-ticketing bus AKDP maupun AKAP. Pengguna juga bisa mendapatkan informasi tentang angkutan umum seperti, mikrolet atau lyn. 


Pengumpulan Poin


Selain mendapatkan informasi mengenai rute-rute Suroboyo Bus, aplikasi Go-Bus juga bisa digunakan penggunanya untuk mengumpulkan poin. Poin yang terkumpul ini selanjutnya bisa digunakan penggunanya untuk naik Suroboyo Bus di rute berikutnya. Cara untuk mengumpulkan poin bisa dilakukan dengan cara, mengisi identitas pada aplikasi, selanjutnya setorkan botol bekas kepada petugas, petugas akan melakukan scan barcode, dan terakhir petugas akan memasukan tambahan poin di akun aplikasi pengguna. Sehingga poin yang ditambahkan ini selanjutnya bisa digunakan untuk naik Suroboyo Bus lagi. 


Fitur Scan Me to Pick You Up



Fitur ini merupakan fitur terbaru yang dimiliki oleh Go-Bus. Dengan fitur ini pengguna tidak perlu takut ketinggalan. Cara menggunakan fitur ini pengguna cukup melakukan scan QR Code di aplikasi Go-Bus. Setelah selesai proses scanning, aplikasi Go Bus akan menunjukkan lokasi bus yang sedang ditunggu oleh pengguna. 


Setelah itu pengguna bisa memilih salah satu Suroboyo Bus dengan koridor yang dipilih, kemudian pengguna menjawab pertanyaan dengan ‘Ya’ ketika muncul pertanyaan “Apakah Anda yakin akan Naik (Nama Suroboyo Bus), setelah itu petugas Suroboyo Bus akan mendapatkan notifikasi lokasi halte penumpang, dan akan segera menjemput penumpang. Dengan adanya fitur baru ini, pengguna tak perlu takut ketinggalan bus ketika berada jauh dari halte maupun bus stop, karena lokasi bus bisa dipantau lewat Go-Bus. 

Nah, setelah mengetahui fitur-fitur aplikasi Go Bus, saatnya mengunduh aplikasi ini untuk jalan-jalan berkeliling dengan Suroboyo Bus. Jangan lupa kumpulkan botol bekas untuk naik transportasi ini untuk mengurangi sampah plastik juga.

Setelah  lelah berkeliling Surabaya, sebelum mengakhiri perjalananmu jangan lupa untuk mampir di Lapis Kukus Pahlawan di salah satu outletnya di Jalan Genteng Besar. Kamu bisa menggunakan Suroboyo Bus dan turun di Jalan tunjungan hanya dengan berjalan beberapa menit kamu bisa sampai di outlet Lapis Kukus Pahlawan ini. Lapis Kukus Pahlawan ini sangat cocok untuk dibawa pulang sebagai oleh-oleh keluarga tercinta. Selamat mencoba dan menikmati jalan-jalan berkeliling Surabaya, ya!