WISATA | 08 NOV 2021

Jalan-Jalan di Surabaya Pakai Transportasi Murah ini

Transportasi Murah Surabaya - Jalan-jalan keliling kota Surabaya di akhir pekan bisa jadi salah satu ide menarik bukan? Kabar baiknya jalan-jalan tidak selalu identik dengan biaya mahal, kok! Di zaman sekarang kamu bisa memanfaatkan transportasi umum yang lebih murah. 


Nah, artikel kali ini akan membahas tentang pilihan transportasi murah di Surabaya yang bisa jadi pilihanmu untuk jalan-jalan di akhir pekan ini. Langsung simak yuk pilihannya! 


Suroboyo Bus



Transportasi yang aman, nyaman dan murah kamu bisa menentukkan pilihan pertamamu pada Suroboyo Bus. Dengan naik transportasi ini kamu cukup menyiapkan botol bekas, menarik dan murah bukan? Transportasi ini adalah sebagai wujud kepedulian dan komitmen Pemerintah Kota Surabaya untuk lebih peduli terhadap lingkungan dan mengurangi sampah plastik. 


Kini Suroboyo Bus juga menjadi salah satu transportasi favorit bagi masyarakat di Kota Surabaya. Sebagai wisatawan kamu juga bisa menggunakan Suroboyo Bus untuk keliling kota Surabaya dengan 1 tiket, namun perlu diingat pergantian dari halte satu ke halte lainnya tidak lebih dari 2 jam, ya. Berikut ini adalah halte-halte yang dilalui oleh Suroboyo Bus, Jl A Yani (depan UIN dan Royal Plaza), depan Joyoboyo, Adityawarman (depan KPU), Mayjen Sungkono (samping SPBU), HR Muhammad (samping Masjid At-taqwa), Dharmawangsa (RS Dr Soetomo), Kertajaya Indah (bundaran ITS).



Angkutan Umum


Angkutan Umum atau angkot juga termasuk ke dalam pilihan transportasi murah di Surabaya. Angkot Surabaya memiliki 57 rute yang menjangkau sampai ke jalan-jalan kecil. Jika kamu susah untuk menemukan Angkot di jalan raya kamu juga bisa datang ke terminal utamanya, di Purabaya, Tambak Oso Wilangun, Joyoboyo dan Bratang.


Sementara itu, ada terminal-terminal khusus tempat keberangkatan angkot, yaitu Menanggal, Keputih, Dukuh Kupang, Benowo, Petekan atau Kalimas Barat, Manukan, Balongsari, Kenjeran, Kedung Cowek, Bulak, Sub Terminal Kasuari, dan pangkalan angkot Lyn yang dikelola oleh paguyuban.

Angkutan umum Surabaya ini juga bisa menjangkau beberapa tempat wisat seperti, Monumen Kapal Selam dan Pantai Kenjeran. Jadi, tidak perlu ragu lagi untuk naik angkutan umum, harganya pun sudah pasti lebih murah. 

Becak



Meskipun Surabaya termasuk kota besar, namun jenis transportasi umum seperti becak masih gampang ditemui di jalan-jalan Surabaya. Transportasi tradisional ini biasanya ditemukan di tempat keramaian seperti, pasar, stasiun, terminal dan alun-alun. Memilih becak bisa menjadi pilihan yang tepat, karena transportasi ini tidak memiliki kecepatan tinggi, sehingga kamu bisa sambil menikmati suasana di sekitar jalan Surabaya. 


Dengan becak kamu juga bisa mengunjungi beberapa tempat wisata, salah satunya adalah Wisata Ngampel. Di kawasan tersebut kamu bisa berwisata religi dengan ziarah wali dan tokoh spiritual lainnya. Selain Ngampel, kamu juga bisa melanjutkan perjalanan wisatamu dengan becak ke Jembatan Merah, Tugu Pahlawan, dan Tanjung Perak. Bagaimana, tertarik untuk naik becak untuk keliling Surabaya? 

Bus antar kota

Pilihan terakhir untuk transportasi murah di Surabaya kamu bisa naik bus antar kota. Setiap bus yang beredar ini memiliki enam jurusan dan masing-masing memiliki kode. Tentunya jika kamu ingin keliling Surabaya menggunakan bus kamu perlu mengetahui jalan mana saja yang dilalui dengan kode-kode yang terdapat pada bus. 

Salah satu contohnya jika kamu datang dari Tanjung Perak, kamu bisa menaiki bus antar kota untuk menuju tempat wisata. Kamu bisa memilih bus berkode P1, dari jembatan Merah Plaza (JMP), kamu bisa turun di pusat perbelanjaan dan wisata sejarah di Gedung Siola yang kini sudah disulap menjadi museum. 

Itu lah rekomendasi transportasi murah yang bisa menjadi pilihan untuk berkeliling Surabaya. Memilih transportasi umum juga bisa mengurangi polusi dan pencemaran lingkungan dibandingkan dengan naik transportasi pribadi, selain itu bisa saja akan menambah pengalaman, lho! 

Saat kamu berhenti di stasiun atau terminal Bus, kamu juga bisa membeli beberapa oleh-oleh yang biasanya tersedia di tempat tersebut. Salah satu oleh-oleh khas yang bisa kamu bawa pulang adalah Lapis Kukus Pahlawan. Kelembutan dan rasanya yang manis bisa melengkapi perjalananmu setelah berkeliling Surabaya.