WISATA | 09 MAR 2022

Pandemi Belum Berakhir! Ini Tips Jalani PPKM yang Harus Diperhatikan!

Situasi pandemi COVID-19 belum berakhir! Bahkan di Indonesia kasus COVID mengalami peningkatan dengan munculnya varian baru Omicron. Oleh karena itu, ketaatan akan protokol kesehatan tidak boleh kendor!

Artikel ini akan mengulas berbagai tips menjalani prokes selama pandemi yang bisa Anda terapkan.

Ini dia tips sederhana untuk mencegah penularan dan tertular virus COVID-19.

Baca juga: Hubungan Gaya Hidup Sehat dengan Hipertensi dan Solusi Simpelnya

Pakai masker medis dengan perlindungan yang baik

Ini adalah cara sederhana yang ampuh untuk mencegah penularan COVID-19. Selalu gunakan masker saat keluar rumah dan pastikan masker tersebut adalah masker medis yang mampu menyaring udara agar virus tidak masuk ke dalam hidung.

Jika Anda harus beraktivitas di luar ruangan dalam waktu cukup lama, ganti masker Anda setiap 4 jam sekali. Jadi, ada baiknya Anda membawa masker cadangan di dalam tas. Bila perlu, Anda juga bisa memakai face shield sebagai perlindungan tambahan.

Sebisa mungkin jangan lepas masker saat di luar rumah

Memakai masker memang tidak nyaman karena terkadang membuat Anda jadi sulit bernapas dan gerah. Meskipun demikian, jangan melepaskan masker saat Anda di luar rumah, apalagi saat berada di tempat umum. 

Saat makan dan minum, pilih tempat yang jauh dari keramaian agar Anda bisa melepaskan masker dengan aman tanpa rasa khawatir. Setelah itu, ganti masker yang sudah dipakai dengan masker yang baru. 

Selalu bawa hand sanitizer ke mana saja

Penularan yang paling mudah terjadi melalui ujung jari-jari dan tangan Anda. Oleh karena itu, Anda wajib membawa hand sanitizer di dalam tas kemana saja Anda pergi. Hand sanitizer yang bisa membunuh virus dan kuman secara ampuh adalah yang memiliki kandungan alkohol.

Walaupun Anda sudah menyediakan hand sanitizer, bukan berarti Anda boleh menyentuh sembarang permukaan tanpa waspada. Tetaplah berhati-hati saat Anda berada di tempat umum ya!

Hindari pembayaran secara tunai

Untuk meminimalkan menyentuh barang-barang yang sudah disentuh orang lain, Anda bisa membayar secara non-tunai saja. Untungnya kini semakin banyak metode pembayaran yang bisa Anda pilih sesuai dengan kenyamanan Anda. 

Bahkan tanpa perlu menggunakan kartu, Anda bisa melakukan pembayaran hanya dengan pemindaian barcode saja lho.

Segera mandi setelah keluar dari rumah

Setelah beraktivitas di luar rumah, Anda harus segera mandi sebelum menyentuh barang-barang atau berinteraksi dengan keluarga di rumah. Mandi adalah cara paling baik dan paling ampuh untuk mengusir semua kuman dan virus yang menempel di badan Anda.

Belanja online dari rumah

Belanja sudah jadi kebutuhan dasar manusia. Bukan berbelanja yang sifatnya bersenang-senang, tetapi tentunya Anda harus berbelanja untuk kebutuhan pokok sehari-hari. Namun ketika angka penderita COVID sedang meningkat seperti sekarang ini, sebaiknya Anda berbelanja secara online saja dari rumah.

Kini layanan berbelanja online sudah mencakup berbagai kebutuhan pokok juga lho! Banyak minimarket bersedia mengantarkan belanjaan para pembeli mereka agar tidak perlu keluar rumah. 

Demikian juga saat Anda ingin menikmati kelezatan Lapis Kukus Pahlawan khas Kota Surabaya. Tanpa perlu keluar rumah, Anda sudah bisa menikmati kukus yang lembut dan nikmat ini.

Bagaimana caranya? Tinggal pesan saja di beberapa marketplace ternama seperti Lazada, Blibli, Tokopedia, dan Shopee:

Selain nyaman, Anda juga bisa menikmati banyak promo menarik seperti gratis ongkir hingga cashback yang berlangsung di masing-masing marketplace online tersebut.

Itu dia berbagai tips menarik untuk tetap patuh pada protokol kesehatan baik di dalam maupun di luar rumah. Demi kesehatan Anda, keluarga, dan orang-orang di sekitar, mematuhi prokes adalah cara terbaik yang bisa dilakukan hingga pandemi di Indonesia benar-benar berakhir.