WISATA | 03 FEB 2022

Hubungan Gaya Hidup Sehat dengan Hipertensi dan Solusi Simpelnya



Sumber: unsplash.com


Baik buruknya kesehatan seseorang dapat dilihat dari bagaimana cara mereka mengelola gaya hidupnya. Gaya hidup yang buruk dapat meningkatkan risiko berbagai penyakit, salah satunya hipertensi. 

Antara gaya hidup dan hipertensi memiliki keterkaitan yang sangat erat. Sebab itu, Anda perlu menerapkan gaya hidup sehat sedini mungkin untuk mencegah hipertensi dan komplikasinya. 

Lalu, apa saja yang bisa Anda lakukan untuk mencegah hipertensi lewat gaya hidup?


Cara mencegah hipertensi dengan gaya hidup sehat

Jalani gaya hidup sehat guna membantu menjaga tekanan darah Anda tetap dalam kisaran aman. Dengan mencegah hipertensi, Anda juga sekaligus mencegah penyakit jantung dan stroke. Berikut ini pilihan gaya hidup yang sehat yang bisa Anda praktikkan:

1. Mengonsumsi makanan sehat

Sumber: unsplash.com

Buat menu makanan sehat dengan selingan makanan ringan untuk membantu Anda mencegah hipertensi dan komplikasinya. Pastikan Anda banyak mengonsumsi buah dan sayuran segar, karena berdampak baik bagi kesehatan tubuh Anda secara keseluruhan. 

Buat rencana makan sehat dengan menambahkan kalium, serat, protein, serta makanan rendah garam dan lemak jenuh. Bagi kebanyakan orang, membuat rencana makan seperti ini dapat membantu mereka menjaga tekanan darah agar tetap rendah dan melindungi mereka dari risiko penyakit jantung dan stroke. 

2. Jaga berat badan Anda

Sumber: unsplash.com

Kelebihan berat badan atau obesitas dapat meningkatkan risiko hipertensi. Untuk mengetahui apakah berat badan Anda dalam kisaran yang sehat, dokter akan menggunakan kalkulator BMI atau indeks massa tubuh. Selain itu, dokter juga terkadang menggunakan ukuran pinggang dan pinggul Anda untuk menghitung lemak tubuh. 

Jika Anda kelebihan berat badan, bicarakan dengan tim perawatan kesehatan Anda tentang cara untuk mencapai berat badan sehat. Mereka akan membuat rencana makanan sehat dan aktivitas fisik untuk Anda. 

3. Rutin olahraga

Sumber: unsplash.com

Aktivitas fisik dapat membantu menjaga berat badan Anda agar tetap sehat, serta menurunkan tekanan darah Anda. Coba lakukan olahraga intensitas sedang, seperti jalan cepat atau bersepeda setidaknya 2 jam dan 30 menit setiap minggu atau 30 menit sehari selama 5 hari. 

4. Penuhi kebutuhan jam tidur

Sumber: unsplash.com

Tidur yang cukup merupakan salah satu gaya hidup sehat yang bermanfaat untuk mengelola hipertensi, karena dapat menjaga kesehatan jantung dan pembuluh darah, serta kesehatan tubuh Anda secara keseluruhan. 

Dengan memenuhi kebutuhan jam tidur, Ada dapat mencegah risiko penyakit jantung, tekanan darah tinggi, dan stroke. 

5. Jangan merokok

Sumber: unsplash.com

Berhenti merokok akan menurunkan risiko penyakit jantung. Merokok dapat meningkatkan tekanan darah Anda dan meningkatkan risiko serangan jantung dan stroke. Jika Anda masih ketergantungan, Anda dapat meminta bantuan dokter untuk membantu Anda berhenti merokok. 

6. Batasi jumlah konsumsi alkohol yang Anda minum

Sumber: unsplash.com

Apakah Anda penggemar minuman beralkohol? Nah, ini yang harus Anda hindari sebagai penderita hipertensi. 

Sebaiknya jangan minum terlalu banyak alkohol, karena alkohol dapat meningkatkan tekanan darah Anda. Pria dianjurkan tidak minum lebih dari 2 minuman beralkohol per hari dan wanita dianjurkan tidak minum lebih dari 1 minuman beralkohol per hari. 

7. Hindari penyebab stres

Sumber: unsplash.com

Penelitian berpendapat bahwa peningkatan tekanan darah dapat dipicu oleh stres. Kondisi stres disertai emosi yang berlebihan dapat menyebabkan peningkatan tekanan darah. 

Penting bagi Anda untuk bisa mengelola stres demi meringankan kerja jantung yang berdampak terhadap penurunan tekanan darah. Kemampuan mengendalikan emosi dan menenangkan pikiran merupakan teknik yang bisa Anda coba untuk mengelola stres yang akan memberi dampak positif bagi tubuh.