WISATA | 08 SEP 2022

Sego Sambel Mak Yeye: Menu Khas, Harga, dan Jam Buka

Surabaya adalah kota di Indonesia yang memiliki banyak destinasi wisata kuliner yang enak dan murah meriah. Jika sedang berkunjung ke Surabaya, jangan lupa untuk mencicipi kuliner sego sambel Mak Yeye yang ada di Wonokromo. Warung makan ini menjadi salah satu pelopor kuliner sego sambel yang ada di Surabaya karena sudah berdiri semenjak tahun 1982 dan masih eksis hingga saat ini.


Baca juga:  Es Coklat Tambah Umur Jajanan Legendaris 



Warung sego sambel Mak Yeye juga sering menjadi tempat rekomendasi dari berbagai food vlogger yang berkunjung ke Surabaya karena lauknya yang sangat beragam dan rasanya yang enak. 


Lalu, apa yang membuat kuliner sego sambel Mak Yeye spesial? Yuk simak ulasan selengkapnya berikut ini!

Lezatnya Iwak Pe dan Sambal Pedas Mak Yeye

Foto oleh @henrypaste

https://www.instagram.com/p/CcHfKaxLSt3/


Pada dasarnya, warung sego sambel Mak Yeye adalah sebuah tempat penyetan yang menyediakan berbagai macam lauk-pauk seperti ayam, ikan, dan lalapan yang langsung dimasak saat ada pesanan. Saat Anda berkunjung ke sego sambel Mak Yeye, jangan lupa untuk mencoba Iwak Pe atau yang biasa dikenal sebagai ikan pari yang sudah melalui proses pengasapan. Iwak Pe biasanya jarang ditemukan di beberapa warung seperti warung tenda lamongan ataupun penyetan lainnya. 


Iwak Pe yang ada di sego sambel Mak Yeye memiliki tekstur yang lembut, dengan rasanya yang gurih, dan akan tercium bau “smokey” akibat proses pengasapannya. Sementara untuk sambal yang ada di Mak Yeye terbuat dari ulekan tomat, cabai, terasi, bawang putih, bawang merah dan garam. Bagi Anda yang tidak bisa makan makanan pedas, bisa memesan sambal dengan ekstra gula agar tidak terlalu pedas.


Perpaduan antara gurihnya Iwak Pe dengan pedasnya sambel Mak Yeye merupakan kombinasi yang pas dan mengenyangkan. Selain itu, Anda juga bisa memilih beberapa jenis lauk lainnya seperti ayam, jeroan, tahu, tempe hingga telur ceplok atau dadar. 

Varian dan Harga Menu di Sego Sambel Mak Yeye

Foto oleh @ipungsigit87

https://www.instagram.com/p/CddeRM8vQm4/

Warung sego sambel Mak Yeye selalu ramai pengunjung setiap harinya, bahkan banyak pengunjung yang rela mengantri berjam-jam demi bisa mencicipi berbagai menu di Mak Yeya. Salah satu daya tarik utama dari tempat ini adalah harganya yang relatif terjangkau dengan porsinya yang cukup besar.


Seporsi sego sambel Mak Yeye dengan lauk Iwak Pe lengkap dengan nasi dan sambal dibanderol mulai dari Rp 20.000 per porsi. Harga ini termasuk murah karena mayoritas pelanggan di Mak Yeye adalah kalangan mahasiswa di Surabaya. Di sini juga tersedia beberapa jenis minuman seperti es teh, es jeruk, kopi dan susu yang bisa Anda beli mulai dari Rp 3.000 saja per gelasnya.

Alamat Lokasi dan Jam Buka

Foto oleh @eattemptationsby

https://www.instagram.com/p/B2l8Z_KjnhK/


Warung sego sambel Mak Yeye berlokasi di Jalan Jagir Wonokromo Wetan No.10, Kota Surabaya (Google Maps). Tempat makan ini buka setiap hari mulai pukul 21.00-04.00 WIB. Jam paling ramai di sego sambel Mak Yeye biasanya pada pukul 21.00-23.00 dimana banyak wisatawan dan juga warga Surabaya yang mencari menu untuk makan malam. Namun, untuk menghindari antrian yang panjang, Anda disarankan untuk datang lebih cepat agar bisa menikmati semua menu yang ada di sego sambel Mak Yeye.


Bagi Anda yang membawa kendaraan pribadi, pastikan untuk mencari tempat parkir yang tidak jauh dari area sego sambel Mak Yeye. Karena jika sedang ramai, biasanya parkiran di sekitar warung ini akan penuh dan Anda akan mendapatkan area parkir di ujung jalan Wonokromo.


Sekian ulasan mengenai kuliner sego sambel Mak Yeye. Apakah Anda tertarik untuk mencoba kuliner legendaris Surabaya yang satu ini?