WISATA | 19 AUG 2022

Es Coklat Tambah Umur, Jajanan Legendaris Sejak 1950

Apakah Anda sedang mencari destinasi jajanan legendaris di Kota Surabaya? Saatnya mencoba jajanan manis yang sudah berdiri semenjak 72 tahun yang lalu yaitu Es Coklat Tambah Umur yang ada di Surabaya dan rasanya pun tidak pernah berubah meskipun sudah puluhan tahun berjualan.


Baca juga: 14 Oleh-Oleh Khas Surabaya Populer di Antara Pelancong 


Lalu, ada keunikan apa saja keunikan yang ada di Es Coklat Tambah Umur ini? Yuk simak penjelasannya berikut ini!

Tidak Pernah Buka Cabang, Pastikan Anda Cicipi yang Otentik

Foto oleh @cecekuliner



Warung Es Coklat Tambah Umur merupakan sebuah usaha turun temurun yang saat ini sudah kelola oleh generasi kedua yaitu Bu Wiwik Sugiati beserta anaknya. Warung legendaris ini berlokasi di Jalan Simokerto No.49, Simokerto, Kota Surabaya, tak jauh dari area Pasar Kapasan. Selain itu, warung ini juga bisa Anda temukan di kawasan Waduk Unesa yang dikelola langsung oleh anak Bu Wiwik yaitu Dimas.


Tahukah Anda jika filosofi dari nama yang digunakan sendiri adalah sebuah doa untuk para pembeli Es Coklat Tambah Umur ini memiliki umur yang panjang dan diberi kesehatan selalu setelah mencoba minuman ini.


Meskipun sudah berdiri lebih dari setengah abad, Es Coklat Tambah Umur selalu mempertahankan kesederhanaannya dengan menggunakan warung tenda sederhananya. Tempat ini pun hanya menyediakan beberapa bangku plastik untuk pembeli yang ingin meminum langsung di tempat dan hanya bisa menampung 10 pengunjung saja.


Salah satu ciri khas dan keunikan dari Es Coklat Tambah Umur adalah penyajiannya yang menggunakan gelas alumunium yang menonjolkan kesan lawas khas jaman dulu sehingga membuatnya berbeda dengan kuliner sejenisnya. 

Rasa Cokelatnya Lezat dan Dijamin Menyegarkan

Foto oleh @ammamamo



Es Coklat Tambah Umur selalu menggunakan racikan yang sama dan mempertahankan semua bahan bakunya agar tidak mengurangi kenikmatan dan rasa otentik dari minumannya. Jangan lupakan roti sobek yang menjadi menu pendamping wajib saat Anda mencicipi menu es legendaris ini. Cara terenak untuk menikmati es ini adalah dengan mencelupkan roti sobek ke gelas es coklat dan langsung memakannya.


Roti sobek yang digunakan dalam setiap sajian es coklat pun memiliki potongan yang lumayan besar sehingga membuat perut kita kenyang saat selesai menyantap es coklat ini. Selain itu, Anda juga bisa menemukan menu pendamping lainnya seperti ote-ote (bakwan), tahu, dan beberapa jenis gorengan lainnya yang tersedia di warung Es Coklat Tambah Umur.


Hal lainnya yang membedakan Es Coklat Tambah Umur dengan es coklat lainnya adalah dari cara penyajiannya. Jika Anda perhatikan, penjual selalu meracik es coklat dalam sebuah panci besar yang ada di gerobaknya daripada membuatnya satu persatu. Hal ini menjadi salah satu daya tarik tersendiri bagi para pengunjung karena mereka dengan melihatnya pun sudah terlihat segar dan sangat manis. 

Nikmati dengan Harga Terjangkau

Foto oleh @kuliner_umkmsby



Harga untuk segelas Es Coklat Tambah Umur hanya dibanderol dengan Rp 8.000 saja, sementara untuk roti sobeknya dihargai Rp 2.000 per potongnya. Harga ini tentu sangat murah dan masih ramah di kantong, hal ini membuat banyak mahasiswa yang ada di Surabaya menjadikan warung ini sebagai langganan mereka.


Es Coklat Tambah Umur buka setiap hari mulai pukul 09.00-16.00 WIB dan bisa tutup lebih cepat jika semua stok es coklatnya sudah habis terjual. Jadi, disarankan untuk Anda agar datang lebih awal sehingga masih bisa mencicipi jajanan legendaris Surabaya yang satu ini. 


Banyak pengunjung Es Coklat Tambah Umur yang sudah berlangganan semenjak mereka masih kecil hingga saat ini sudah dewasa dan masih menjadi pelanggan setia di sini. Es Coklat Tambah Umur menjadi salah satu tempat yang cocok untuk Anda bernostalgia sambil menikmati suasana Kota Surabaya. 


Demikian adalah ulasan lengkap mengenai Es Coklat Tambah Umur yang bisa Anda coba saat sedang berkunjung di Kota Pahlawan ini.