WISATA | 19 AUG 2022

Wisata Edukasi Kampung Lawas Maspati Surabaya

Surabaya dikenal sebagai sebuah kota yang maju dan saat ini terus berkembang pesat menjadi sebuah kota modern yang dilengkap dengan berbagai infrastruktur penunjang. Namun, tahukah Anda jika Kota Surabaya ternyata masih memiliki kawasan bersejarah yang diisi dengan berbagai bangunan kuno era kolonial dan masih bertahan sampai saat ini? Tempat ini adalah Kampung Lawas Maspati yang berlokasi di pusat Kota Surabaya. 


Baca juga: Jejak Sejarah di Tugu Pahlawan dan Museum Sepuluh Nopember 


Tertarik untuk mengenal sejarah dan keunikan dari Kampung Lawas Maspati? Simak informasi selengkapnya berikut ini!

Mengenal Kampung Lawas Maspati

Foto oleh Andhang RT


Kampung Lawas Maspati adalah sebuah destinasi wisata sejarah yang ada di kawasan Bubutan, Surabaya. Tempat ini berlokasi tak jauh dari Stasiun Pasar Turi dan Tugu Pahlawan Surabaya, sehingga sangat mudah dijangkau menggunakan kendaraan pribadi ataupun kendaraan umum. Rute yang bisa Anda gunakan adalah melalui Jalan Semarang kemudian berbelok ke arah Jalan Maspati dan bisa langsung menemukan kampung wisata ini.


Objek wisata Kampung Lawas Maspati menjadi salah satu kampung wisata sekaligus sejarah yang mempertahankan bangunan tempo dulu yang hingga saat ini masih selalu dipertahankan keindahannya. Destinasi wisata yan satu ini pun sering dikunjungi oleh berbagai wisatawan lokal dan mancanegara karena dikenal sebagai kampung yang kreatif, ramah, dan edukatif. 


Kampung Lawas Maspati cocok dijadikan sebagai destinasi liburan bersama anak-anak saat musim liburan tiba karena bisa mengajarkan generasi muda untuk lebih mengenal sejarah Surabaya di masa lampau. Di sepanjang kampung ini, Anda bisa melihat tanaman-tanaman hijau yang ditanam oleh warga yang juga menjadi tanaman herbal. Kampung Maspati saat ini dihuni oleh 375 Kepala Keluarga (KK) dan jumlah penduduk 1.750 jiwa. 

Berbagai Bangunan Bersejarah di Kampung Lawas Maspati

Foto oleh Prastiti


Di Kampung Lawas Maspati terdapat beberapa spot bangunan kuno yang wajib untuk Anda kunjungi, berikut ini adalah daftarnya:

  • Rumah R. Sumomiharjo

Rumah ini merupakan tempat tinggal Raden Sumomiharjo, carik (kepala desa) asal Ponorogo, yang pada zaman kolonial Belanda bekerja sebagai mantri kesehatan di Surabaya dan saat ini sudah tidak dihuni oleh generasi penerusnya.

  • Rumah Ongko Loro

Rumah Ongko Loro di Kampung Lawas Marpati merupakan Sekolah Ongko Loro, sekolah setingkat SD zaman Belanda dan  dibangun tahun 1903.

  • Omah Tua

Omah Tua adalah bangunan rumah peninggalan zaman Belanda yang saat ini dialih fungsikan sebagai cafe dan juga perpustakaan yang bisa dikunjungi oleh wisatawan.

Tak hanya wisata sejarah yang ada di Kampung Lawas Marpati, di sini tersedia beberapa keunikan lain seperti pemberdayaan UMKM di tiap RT yang menjual dan memproduksi langsung beberapa produk seperti sirup markisa dan cincau.


Kampung Lawas Marpati pun berhasil mendapatkan berbagai penghargaan dari  ITS Surabaya, Universitas Petra, Universitas Airlangga Surabaya, Universitas Hang Tuah, Kyai Haji Mustofa Bisri, dan lainnya sebagai kampung yang inovatif dan kreatif.

Tiket Pengunjung

Foto oleh Syifa Nurul Lathifa


Untuk Anda yang berencana untuk datang ke Kampung Lawas Maspati, berikut adalah informasi mengenai harga tiket dan paket wisata yang bisa Anda pilih sesuai dengan kebutuhan:

  • Paket 1: Rp 5.000 (min. 5 orang)

  • Paket 2: Rp 15.000 (min. 10 orang)

  • Paket 3: Rp 20.000 (min. 10 orang)

Termasuk: Tour Guide, Masuk Rumah Lawas, Masuk dirana Permainan Lawas

  • Paket Spesial: Rp 2.000.000 (min. 10 orang)

Termasuk: Tour Guide, Musik Patrol, Masuk Rumah Lawas, Masuk Produksi House, Masuk Rumah daur Ulang, Permainan Lawas, Souvenir

Semua pemasukan yang didapatkan digunakan sepenuhnya untuk  pemerdayaan ekonomi kampung dan pemeliharaan semua area wisata. Objek wisata Kampung Lawas Maspati buka setiap hari selama 24 jam, namun disarankan untuk mengunjungi tempat ini saat pagi atau siang hari dimana Anda bisa melihat semua spot wisata dengan jelas.

Itu dia ulasan mengenai Kampung Lawas Maspati di Surabaya yang bisa menjadi destinasi liburan Anda berikutnya!