WISATA | 13 JUL 2022

Jejak Sejarah di Tugu Pahlawan dan Museum Sepuluh Nopember


Foto oleh Shutterstock


Surabaya adalah kota yang dikenal kaya akan berbagai destinasi wisata seperti hiburan, kuliner, budaya, hingga sejarah. Tidak lengkap rasanya jika berkunjung ke Surabaya tapi tidak mengunjungi objek wisata sejarahnya yang sangat menarik dan sayang untuk dilewatkan. Salah satu wisata sejarah yang bisa Anda kunjungi adalah Tugu Pahlawan dan Museum Sepuluh Nopember yang berada di tengah Kota Surabaya.


Baca juga: Inilah 4 Pantai Hits di Surabaya yang Wajib Anda Kunjungi


Tempat ini juga menjadi saksi bisu bagaimana perjuangan para pahlawan jaman dahulu dalam mempertahankan kemerdekaan Indonesia dengan penuh tumpah darah. Adanya Tugu Pahlawan dan Museum Sepuluh Nopember menjadi destinasi wisata yang biasa dikunjungi oleh pelajar dan wisatawan.


Tertarik untuk berkunjung ke Tugu Pahlawan dan Museum Sepuluh Nopember? Simak informasi selengkapnya berikut ini!

Wisata Sejarah di Tugu Pahlawan

Foto oleh @pelampiasan_pras




Monumen Tugu Pahlawan dan Museum Sepuluh Nopember sebuah monumen dan juga landmark yang menjadi kebanggaan masyarakat Surabaya yang diresmikan oleh Presiden Soekarno pada tanggal 10 November 1952. Monumen ini menjadi saksi perjuangan para pahlawan saat peristiwa 10 November dimana pada saat tersebut arek-arek Suroboyo berjuang melawan para sekutu bersama Belanda yang hendak menjajah kembali Indonesia.

Tugu Pahlawan menjadi monumen berbentuk lingga atau paku terbalik dengan ketinggian 41,5 meter yang terdiri dari 11 tingkatan terbuat dari beton bertulang. Bagian bawah tugu berdiameter 3,1 meter dan puncaknya 1,3 meter. Bentuk tubuh tugu ini serupa lengkungan-lengkungan sebanyak 10 dan terbagi dari 11 ruas. 

Kemudian pada tahun 1988, Tugu Pahlawan mulai ditata kembali agar menjadi sebuah museum. Saat Anda memasuki area wisata ini akan menemukan patung Soekarno-Hatta di pintu masuk dan dan relief perjuangan di area wisata ini.

Museum ini mulai dibangun pada 10 November 1991 di atas tanah seluas 1.336 meter persegi di area kompleks Tugu Pahlawan dan diresmikan pada 19 Februari 2000 silam. Tujuan dari pembuatan museum ini adalah untuk menyimpan nilai historis perjuangan pahlawan agar selalu dikenang dan menjadi media pembelajaran bagi pemuda-pemudi Surabaya saat ini. Tak hanya itu, lokasinya yang berada di tengah Kota Surabaya juga difungsikan agar menjadi sebuah ruang terbuka publik dengan lapangan dan juga taman yang bisa digunakan oleh semua masyarakat Surabaya.



Foto oleh Yeni Laila


Lokasi monumen Tugu Pahlawan dan Museum Sepuluh Nopember berada di pusat Kota Surabaya, lebih tepatnya ada di Jalan Pahlawan berdekatan dengan pusat pemerintahan seperti Kantor Gubernur Jawa Timur, dan beberapa tempat lainnya seperti Stasiun Surabaya Kota, Stasiun Pasar Turi, dan Pasar Atom. 


Mengapa monumen Tugu Pahlawan dan Museum Sepuluh Nopember dibangun di area pusat kota Surabaya? Hal ini dikarenakan untuk pengingat bagi anak muda saat ini mengenai perjuangan para pahlawan disaat era-era kemerdekaan, dimana mereka menumpahkan darah untuk memperjuangkan kemerdekaan rakyatnya saat ini.


Anda bisa datang ke monumen Tugu Pahlawan dan Museum Sepuluh Nopember menggunakan kendaraan pribadi atau ojek online untuk sampai di tempat wisata ini. Bagi para wisatawan yang datang dari luar kota, bisa  menggunakan rute dari Exit Tol di Gerbang Tol Dupak 3, kemudian melalui Jl. Dupak Rukun-Jl. Tembaan. Lokasi museum kurang lebih 3,2 km dari gerbang tol tersebut atau hanya membutuhkan waktu perjalanan sekitar 10 menit saja menggunakan mobil.


Untuk Anda yang menggunakan kereta, bisa turun di Stasiun Surabaya Kota dan memesan ojek online dengan perjalanan selama 5 menit untuk sampai di lokasi wisata ini.

Harga Tiket Masuk Museum Sepuluh Nopember

Foto oleh Adelline Fibriana


Harga tiket masuk Museum Sepuluh Nopember adalah Rp 5.000 untuk masyarakat umum, dan bagi pelajar dan mahasiswa yang membawa Kartu Tanda Mahasiswa tidak dikenakan biaya (Gratis). Biaya parkir untuk sepeda motor di Tugu Pahlawan dan Museum Sepuluh Nopember  adalah Rp 5.000 dan untuk wisatawan yang membawa mobil adalah Rp 10.000. 


Jam operasional Tugu Pahlawan antara lain: Senin–Jumat : 08.00–16.00 WIB Sabtu & Minggu : 07.00–15.00 WIB.


Demikian adalah ulasan lengkap mengenai sejarah Tugu Pahlawan dan Museum Sepuluh Nopember. Sudahkah Anda berkunjung ke tempat bersejarah ini?