WISATA | 24 AUG 2021

9 Menu Makanan Enak Khas Surabaya

Surabaya menawarkan banyak menu makanan buat kamu, mulai dari makanan manis sampai gurih sekalipun. Bukan hanya makanan kekinian yang ditawarkan cafe-cafe, Surabaya juga punya menu lain yang bisa kamu cicipi kelezatannya.

Ada rekomendasi makanan utama sampai oleh-oleh khas Surabaya yang wajib banget kamu coba kalau mampir ke Kota Pahlawan. Simak 9 menu makanan enak khas Surabaya ini! Dijamin rekomendasinya lengkap, ada rekomendasi makanan utama sampai rekomendasi oleh-oleh khas Surabaya.

Soto Ambengan Pak Sadi

makanan enak khas Surabayaa
Soto Ambengan Pak Sadi (Ekonomi Maju)

Makanan enak khas Surabaya yang pertama adalah Soto Ambengan. Beda dari yang lain, rasa soto ini cuma bisa kamu rasakan di Soto Ambengan Pak Sadi. Letaknya ada di Jalan Ambengan 2. Kamu bisa pilih mau soto ayam atau soto daging. Dua-duanya recommended buat kamu.

Jangan sampai tertipu dengan warung bernama Pak Sadi lainnya, ya. Soto ini nggak buka cabang!

Lontong Kupang

Surabaya Raya memang dikenal dengan olahan hewan laut kecil ini. Kerang kecil yang dimasak dengan kuah bening disajikan dengan lontong dan petis udang.

Yang terkenal sih Lontong Kupang Cak Kartolo. Tempatnya ada di kota sebelah, Sidoarjo. Kalau ada waktu, kamu bisa mampir mencicipi rekomendasi makanan kebanggan masyarakat Surabaya dan Sidoarjo ini.

Tahu Campur Kalasan

Tahu Campur Kalasan (KSMTour)

Kalau lontong kupang dibuat dari kerang kecil, tahu campur dibuat dari daging sapi. Sedikit berbeda dengan lontong kupang, tahu campur memiliki kuah yang lebih coklat.

Makanan enak khas Surabaya ini disajikan dalam piring berisi lontong, tauge, tahu, lentho, dan selada segar. Kamu bisa mencicipinya di Tahu Campur Kalasan, Jalan Kalasan 16.

Sate Klopo Ondomohen Bu Asih

Kita beralih ke rekomendasi makanan berat yang nggak berkuah. Sate klopo Ondomohen bisa kamu coba terlebih dahulu sebelum menu lainnya. Sate ini beda dengan sate lainnya. Daging satenya dilumuri kelapa sangrai sebelum dan sesudah dibakar.

Kamu bisa mencobanya di Jalan Walikota Mustajab 36. Ada baiknya kamu menghindari jam makan siang biar nggak antre terlalu lama.

Sego Sambel Mak Yeye

makanan enak khas Surabaya
Sego Sambel Mak Yeye (MakansamaOki)

Rekomendasi makanan enak khas Surabaya ini nggak boleh kamu lewatkan. Ini menu wajib untuk semua pelancong yang ke kota ini. Kamu harus tau rasanya berdesakan dengan banyak orang di tengah malam. Rasa sambalnya yang maknyus jadi makin terasa nikmat karena kamu sudah berusaha dan bersabar dalam antrean Sego Sambel Mak Yeye.

Nasi Goreng Jancuk

Bukan mau mengumpat, kok! Emang nama nasi gorengnya ya Nasi Goreng Jancuk. Nasi goreng ini adalah nasi goreng khas Surabaya.

Makanan ini tetap bisa masuk ke dalam daftar rekomendasi makanan enak khas Surabaya kok, meskipun rasa pedasnya bisa bikin mengumpat. Kamu bisa coba nasi goreng ini di beberapa outletnya.

Es Krim Zangrandi

Es krim Zangrandi berbeda dengan es krim lainnya. Cita rasanya khas dan terasa pas di lidah. Kedai es krim ini membuat es krimnya dengan resep tempo dulu.

Kamu harus coba makanan enak khas Surabaya ini. Es krim Zangrandi bisa kamu nikmati di Jalan Yos Sudarso 15 atau di Jalan Dharmahusada 38.

Sirup dan Jenang Mangrove

Jenang dan Sirup Mangrove (Java Travel)

Kita lanjut ke rekomendasi makanan enak khas Surabaya yang bisa kamu jadikan oleh-oleh. Pertama, ada olahan mangrove alias pohon bakau. Ternyata tanaman ini bisa kamu nikmati dalam bentuk kudapan lezat. Sirup dan Jenang Mangrove bisa kamu dapatkan di daerah petani mangrove Wonorejo Timur.

Lapis Kukus

kue khas surabaya

Makanan enak khas Surabaya yang satu ini wajib kamu jadikan oleh-oleh. Lapis Kukus Pahlawan Surabaya memiliki banyak varian rasa yang bisa kamu pilih. Ada 7 varian rasa yang punya keunikan masing-masing. Ada varian original sampai varian terang bulan. Semuanya siap memuaskan lidahmu.

Lapis Kukus Pahlawan terdiri dari lapisan kue yang lembut dengan rasa manis yang pas. Parutan keju yang melimpah di atasnya menambah kenikmatan oleh-oleh ini.

Oleh-oleh makanan enak khas Surabaya ini bisa kamu dapatkan di:

  1. Jalan Diponegoro 73
  2. Jalan Genteng Besar 77
  3. Jalan Pahlawan 7 B
  4. Stasiun Gubeng Baru Surabaya
  5. Stasiun Pasar Turi Surabaya
  6. Island Depot Bu Rudy
  7. Mitra resmi lain yang tersebar di seluruh Surabaya