WISATA | 24 AUG 2021

5 Objek Wisata Surabaya Wajib untuk si Traveller!

Objek Wisata Surabaya- Kota Surabaya kini sedang giat-giatnya untuk memperbaiki sektor pariwisatanya untuk menaikkan nilai saing dengan kota-kota tetangga. Dengan kerjasama dengan penduduknya, Kota Pahlawan kini memiliki variasi objek wisata.

Mulai dari wisata sejarah hingga wisata belanja, Surabaya menyimpan wisata alam juga.

Bagi kamu si traveller yang ingin berkunjung ke Surabaya, berikut adalah lima rekomendasi objek wisata Surabaya. Simak artikel ini sampai habis, ya!

Objek Wisata Surabaya

Dari wisata alam hingga wisata sejarah, berikut adalah lima objek wisata Surabaya untuk kamu.

  1. Hutan Mangrove Surabaya
Objek Wisata Surabaya
Sumber: https://www.gotravelly.com/

Hutan Mangrove adalah salah satu objek wisata hutan kota populer di kalangan wisatawan. Hutan yang dipenuhi pohon bakau ini awalnya dibuat untuk mencegah proses abrasi di wilayah pesisir pantai timur Surabaya. Kemudian, pemerintah kota mengubahnya menjadi objek wisata alam. 

Memiliki luas sekitar 200 hektar, Hutan Mangrove Surabaya ini juga merupakan konservasi alam yang melindungi sekitar 30 jenis satwa, lho!

Alamat: Jl. Raya Wonorejo No. 1

  1. Pantai Kenjeran Surabaya Lama
Objek Wisata Surabaya
Pantai Kenjeran Surabaya Lama / JejakPiknik

Pantai Kenjeran Surabaya lama menyediakan berbagai aktivitas seperti sewa perahu hingga berburu sunset untuk para pelancong. Dengan menyewa perahu sekitar Rp30.000. kamu bisa berburu pemandangan sunset jika datang pada waktu yang tepat. 

Menikmati panorama Jembatan Suramadu di kala matahari terbenam ini sangat menyenangkan untuk dilihat karena lampu sepanjang jembatan ini sudah menyala.

Alamat: Jl. Pantai Kenjeran No.1-6

  1. Pantai Kenjeran Surabaya Baru
Pagoda Tian Ti / pegipegi

Pantai Kenjeran Baru atau Pantai Ria Kenjeran ini adalah area pantai yang memiliki serangkaian objek wisata yang bervariasi. Beberapa objek wisata di sini adalah Atlantis Land Waterpark dan Pagoda Tian Ti.

Namun, objek wisata yang paling terkenal di area ini adalah Klenteng Sanggar Agung. Di dalam klenteng ini, kamu akan menemukan patung naga besar yang di atasnya terdapat Patung Dewi Kwan Im. Objek wisata ini adalah tempat ibadah, jadi hormati orang yang sedang beribadah disini ya!

Alamat: Jl. Pantai Ria Kenjeran

  1. Museum House of Sampoerna
Museum House of Sampoerna / Koko Nata

Museum House of Sampoerna adalah museum tembakau dari pabrik rokok besar Indonesia Sampoerna. Di dalam museum ini, kamu akan melihat sejarah, alat-alat, dan tempat produksi pembuatan rokok.

Setiap sudut dari museum ini adalah spot foto yang bagus karena gedung ini memiliki model arsitektur kolonial Belanda.

Museum ini buka dari hari Senin-Minggu pukul 09.00-18.00 dan kamu tidak perlu mengeluarkan biaya sepeserpun untuk ke sini alias gratis! Bagaimana? tertarik untuk datang ke museum produksi rokok ini?

Alamat: Jl. Taman Sampoerna No.6

  1. Surabaya Heritage Track

Bus Surabaya Heritage Track ini adalah bagian dari Museum House of Sampoerna. Untuk bisa naik bus, kamu perlu membuat reservasi terlebih dahulu. Karena bus keliling Surabaya ini gratis dan memiliki kuota terbatas, jadi banyak wisatawan yang ingin mencoba bus ini. 

Rute dari bus ini beragam tergantung hari dan jamnya. Kamu bisa memilih rute wisata mana yang ingin kamu kunjungi. Silahkan cek rute dari bus Surabaya Heritage Track pada halaman website resminya, ya!

Alamat: Jl. Taman Sampoerna No.6

Nah, itu tadi adalah lima rekomendasi objek wisata Surabaya. Berkeliling Kota Pahlawan ini sangat kurang rasanya kalau kamu tidak membeli oleh-oleh khasnya.

Salah satu oleh-oleh khas Surabaya adalah Lapis Kukus Pahlawan. Lapis ikonik ini cocok untuk menemani kamu saat bepergian ataupun sebagai oleh-oleh untuk keluargamu, lho!