WISATA | 24 AUG 2021

Wisata Surabaya dan Sekitarnya: 5 Wisata Alam Menakjubkan!

Wisata Surabaya dan Sekitarnya- Kalau berkunjung ke Kota Surabaya rasanya kurang afdol jika tidak mengeksplor wisata lainnya yang berada di Provinsi Jawa Timur ini. Tentu Kota Surabaya memiliki beberapa objek wisatanya tersendiri. Namun, nggak ada salahnya jika kamu melancong ke beberapa wisata di luar Kota Pahlawan, lho.

Tetapi, apakah kamu tau wilayah sekitar Surabaya itu apa saja? Wilayah sekitar Surabaya itu adalah Gresik, Madura, dan Sidoarjo. Kalau kamu rasa sudah cukup mengeksplor Kota Surabaya, kamu harus mencoba wisata alam menakjubkan yang ada di daerah Gresik dan Pulau Madura. Kira-kira apa saja? Simak terus artikel ini, ya!

Objek Wisata Surabaya dan Sekitarnya

Dari pantai, air terjun hingga tebing, berikut adalah lima wisata Surabaya dan sekitarnya.

 1. Pulau Gili Labak, Sumenep

Wisata Surabaya dan Sekitarnya: Pulau Gili Labak, Sumenep
Pulau Gili Labak, Sumenep / Pantainesia.con

Nggak perlu jauh-jauh ke Bali dan Lombok untuk menikmati birunya dan jernihnya pantai, karena Pulau Gili Labak ini juga tak kalah indahnya dengan pantai-pantai tersebut.

Pulau ini hanya memiliki luas sekitar 5 hektar. Luas ini cukup sekali untuk kamu eksplor dengan berjalan kaki. Selain itu, aktivitas yang kamu bisa lakukan di sini adalah snorkeling. Nggak usah diragukan lagi, kualitas air masih jernih di sini dan terumbu karangnya juga indah! 

Untuk datang ke pulau ini, kamu sebenarnya bisa backpacker-an. Akan tetapi, akan lebih mudah jika kamu bergabung dengan orang lain melalui open trip. Hal ini karena kamu butuh menyewa perahu yang harganya sekitar Rp350.000 – Rp450.000 untuk menyebrang ke Pulau Gili Labak. Tertarik mencobanya?

2. Bukit Jaddih, Bangkalan

Bukit Jaddih, Bangkalan / Wisata Oke

Di Pulau Madura tepatnya Kabupaten Bangkalan, ada juga wisata bukit kapur yang nggak kalah kerennya. Bukit Jaddih adalah bekas bukit penggalian batu kapur. Hal ini yang menyebabkan tebing-tebingnya berwarna putih dan memiliki ukiran yang indah.

Nggak hanya bukit, di sini juga ada pemandian, lho! Banyak spot foto yang sangat instagrammable. Kamu juga bisa menikmati pemandangan Kabupaten Bangkalan dari bukit ini. Harga tiket masuk adalah Rp10.000, namun siapkan uang lebih, ya! Karena harga tersebut bisa berubah. Jam operasional buka setiap hari dari jam 07.00 hingga 18.00.

3. Pulau Bawean, Kabupaten Gresik

Pulau Bawean, Gresik/ Wisatabagus.com

Pulau Bawean ini terletak di Laut Jawa, tepatnya di sebelah utara wilayah Kabupaten Gresik. Di dalam pulau ini sendiri ada beberapa wisata alam lainnya, lho! Mulai dari Danau Kastoba, Air Terjun Lanton, Air Terjun Laccar, Pantai Pulau Noko Selayar, hingga beberapa pantai lainnya.

Akses ke Pulau Bawean, kamu bisa menggunakan kapal. Beberapa kapal yang biasa digunakan adalah Gili Iyang, Natuna Ekspres, dan Bahari Ekspres 8E. Mengenai harga per orangnya, kamu bisa mengakses situs resmi wisata Pulau Bawean, ya!

4. Boekit Tinggi Daramista, Sumenep

Boekit Tinggi Daramista, Sumenep/ IDN Times

Sejak dibukanya objek wisata ini pada tahun 2017, Boekit Tinggi Daramista ini sudah menarik wisatawan lokal untuk mengunjunginya. Bukit ini terletak di Desa Daramista yang berjarak 30 menit dari Kota Sumenep. Akses ke bukit ini bisa terbilang ekstrim, namun semua pasti terbayarkan ketika kamu sampai di sana! 

Boekit Tinggi Daramista menyajikan panorama alam yang sangatlah cantik. Kamu tentunya bisa berfoto ria di beberapa spot, seperti rumah kayu, tempat duduk bak sarang burung, hingga latar belakang alam Sumenep yang indah. Berkunjung saat sore hingga malam hari membuat nuansa alam lebih romantis. Bisa menjadi alternatif spot wisata bersama pasangan, bukan?

5. Bukit Jamur, Gresik

Bukit Jamur, Gresik/ Liputan6

Daerah sekitar Kabupaten Gresik memang surganya perbukitan. Salah satunya adalah Bukit Jamur. Seperti namanya, bukit yang terletak di Daerah Bungah ini memiliki bukit-bukit yang berbentuk seperti jamur kancing. 

Uniknya pemandangan bukit ini merupakan daya tarik tersendiri dari objek wisata alam ini. Tak heran jika beberapa masyarakat juga memilih spot ini untuk foto pre-wedding. Wah, bisa jadi alternatif kamu bersama pasangan, nih!

Nah, itulah kelima wisata Surabaya dan sekitarnya. Jalan-jalan berkeliling wisata alam rasanya kurang kalau tidak membawa camilan, bukan? Kamu bisa mencoba Lapis Kukus Pahlawan untuk jadi cemilan bersama teman dan keluarga.