WISATA | 24 AUG 2021

Icip 7 Makanan Khas Surabaya yang Melegenda Ini Yuk!

Makanan Khas Surabaya – Surabaya memang bukan kota yang memiliki kekayaan destinasi wisata alam seperti Kota Malang dan kota lainnya di Jawa Timur. Tapi soal wisata kuliner, Surabaya lah juaranya.

Kota Surabaya yang juga dikenal sebagai Kota Pahlawan ini tak hanya menyimpan kenangan akan sejarah tetapi juga menyimpan segudang makanan khas yang melegenda dan tetap hits hingga kini.

Kalau kamu berkunjung ke Surabaya, jangan sampai kelewatan untuk mencicipi 7 makanan khas Surabaya yang melegenda ini, ya!

Rujak Cingur Makanan Khas Surabaya

Rek-arek Suroboyo pasti sudah enggak asing dengan makanan yang satu ini. Yaps, jika berkunjung ke Surabaya, kamu akan dengan mudah menemukan rujak cingur.

Sekilas rujak cingur hampir sama dengan rujak pada umumnya yang terbuat dari berbagai jenis sayur dengan siraman bumbu di atasnya. Meski terlihat sama, ada hal menarik dari hidangan rujak cingur ini. Pasalnya selain berbahan dasar utama sayur dan buah, rujak cingur juga dilengkapi dengan cingur alias hidung sapi, lho. Penasaran gak rasanya seperti apa?

Rawon

makanan khas surabaya
Sumber Foto : Unilever Food

Kalau kamu lagi mencari makanan yang berkuah, rawon bisa menjadi hidangan pilihan nih! Kuah hitamnya yang khas dengan isian daging empuk di dalamnya akan membuat siapapun yang menyantapnya pasti ketagihan. Paling enak sih makan rawon ditemani nasi hangat.

Lontong Balap

Dari dulu hingga kini, lontong balap selalu menjadi salah satu primadona kuliner di Surabaya. Dalam sepiring lontong balap, kamu akan menikmati kelezatan lontong, tauge, tahu, dan lentho sekaligus dalam satu suapan.

Rasanya yang enak nan lezat, membuat makanan khas Surabaya yang satu ini selalu diburu para wisatawan. Nah yang paling terkenal salah satunya yaitu Warung Lontong Balap Garuda Pak Gendut.

Sego Sambel

makanan khas surabaya
Sumber Foto : Brilio

Pecinta pedas yang tengah berkunjung ke Surabaya wajib banget nih cobain makanan khas Surabaya yang satu ini. Seperti namanya, sego sambel memiliki arti nasi sambal. Meski begitu, bukan berarti sego sambel hanya berisi nasi dan sambal saja ya.

Dalam seporsi sego sambel ini berisi nasi hangat lengkap dengan siraman sambal dan berbagai lauk pelengkap, mulai dari tempe goreng, tahu goreng, telur dadar, ayam goreng suwir, hingga ikan-ikanan. Bebas pilih deh mau makan pakai lauk apa.

Sate Lisidu

Makanan khas Surabaya yang juga tak kalah enaknya yaitu sate lisidu. Konon, nama lisidu terinspirasi dari plat nomor kendaraan yakni L 1551 DU atau dibaca Lisidu.

Berbeda dengan sate pada umumnya, bentuk sate lisidu ini lebih pipih dan juga tak meninggalkan banyak arang pada satenya. Nah untuk penyajiannya, sate lisidu biasa disajikan dengan lontong dan sambal kacang yang nikmat.

Tahu Campur Khas Surabaya

Meski tahu campur juga dapat dijumpai di daerah Jawa Tengah, namun tahu campur khas Surabaya ini tetap punya keunikan dan kelezatannya tersendiri. 

Tahu campur terbuat dari beragam bahan, seperti tahu goreng, daging sapi, tauge, mie kuning, dan siraman kuah khas yang membuatnya semakin nikmat.

Pecel Semanggi

makanan khas surabaya

Salah satu makanan khas Surabaya yang menjadi favorit banyak orang dari dulu hingga kini yaitu pecel semanggi. Meski pecel bisa kamu temui dengan mudah di berbagai daerah, tapi ada keunikan tersendiri nih dari pecel semanggi. 

Beberapa keunikan dari Pecel Semanggi adalah penambahan daun semanggi dan kecambah dalam hidangannya. Tak hanya itu, cara menikmati hidangan ini juga unik yaitu menggunakan kerupuk sebagai sendok dan disajikan di atas daun pisang.

Ngomong-ngomong soal makanan khas Surabaya, kamu juga gak boleh kelewatan untuk membeli dan mencicipi oleh-oleh khas Surabaya. Salah satunya Lapis Kukus Pahlawan, bolu lapis dengan tekstur yang lembut dengan beragam varian rasa ini memiliki cita rasa manis yang pas.