WISATA | 24 AUG 2021

Berburu Jajanan Legendaris Surabaya yang Kian Eksis

Surabaya merupakan salah satu kota di Jawa Timur yang tak hanya dikenal memiliki kekayaan akan sejarah, tetapi juga dikenal sebagai surganya wisata kuliner. Mulai dari jajanan legendaris hingga jajanan hits, dari makanan berat hingga makanan ringan, semua hidangan siap memanjakan lidah para foodies. 

Tak lengkap rasanya kalau ke Surabaya tapi tidak mencicipi jajanan legendarisnya. Penasaran apa saja jajanan legendaris Surabaya yang enak dan tetap eksis? Yuk simak sama-sama! 

Cakue Peneleh

jajanan legendaris surabaya
Sumber Foto : Twitter @arieparikesit

Pecinta jajanan kaki lima, pasti sudah enggak asing kalau mendengar nama cakue. Pasalnya, cakue merupakan salah satu jajanan kaki lima yang banyak ditemui di berbagai daerah di Indonesia.

Meski cakue bisa ditemui dengan mudah, di Surabaya kamu akan merasakan sensasi dari rasa cakue yang berbeda, lho! Di Surabaya, ada salah satu cakue legendaris bernama cakue peneleh.

Sekilas sih hampir mirip dengan cakue pada umumnya. Yang membedakan yaitu cakue peneleh ini memiliki beragam isian yang menggiurkan, seperti cacahan daging ayam hingga cakue isi udang. Hmmm.. kebayang kan betapa lezatnya menyantap cakue peneleh dengan siraman saus.

Kue Bikang Jajanan Legendaris Surabaya

jajanan legendaris surabaya
Sumber Foto : Resepkuerenyah

Salah satu jajanan legendaris Surabaya yang tak pernah sepi peminat yaitu kue bikang atau carabikang. Kue tradisional yang terbuat dari tepung beras ini memiliki bentuk unik seperti bunga yang tengah merekah dan tersedia dengan beragam warna.

Meski warna kue bikang cantik-cantik, kamu tak perlu khawatir karena kue bilang ini dibuat dengan pewarna alami yang tentunya aman untuk dikonsumsi.

Nah untuk rasanya, kue bikang juga tersedia beragam varian rasa, mulai dari coklat, moka, pandan, dan masih banyak lagi

Kue Tok

Jajanan legendaris Surabaya ini memiliki tekstur yang kenyal dan rasa yang manis. Kue tok terbuat dari campuran tepung ketan, gula, santan, garam, dan diberi isian berupa kacang hijau.

Biasanya kue tok diberi pewarna merah sehingga kue ini tampak lebih menarik dan cantik. Untuk kamu yang ingin mencicipi kue tok, kamu bisa mendatangi toko-toko kue yang ada di Surabaya, mulai dari pasar tradisional hingga supermarket biasanya menyediakan kue legit ini.

Tahwa

jajanan legendaris surabaya
Sumber Foto : Wartabromo

Tahwa merupakan jajanan yang terbuat dari sari kacang kedelai yang memiliki tekstur lembut dan warna putih seperti susu. Sekilas sih tahwa ini bentuknya mirip seperti puding, ya? Tapi soal rasa, tentu berbeda!

Jajanan yang satu ini paling enak disantap saat musim hujan atau cuaca dingin karena tahwa biasanya disajikan bersama kuah wedang jahe yang mampu menghangatkan tubuh. 

Jajanan ini sebenarnya bermula dari para etnis Tionghoa, namun di Surabaya kamu bisa menemukan penjual tahwa dengan mudah.

Bubur Madura Jajanan Legendaris Surabaya

jajanan legendaris surabaya
Sumber Foto : istore

Setiap daerah di Indonesia memiliki hidangan bubur dengan cita rasa yang berbeda-beda, termasuk di daerah Surabaya. Di Surabaya kamu akan disuguhkan dengan kenikmatan dari bubur Madura.

Berbeda dengan bubur lainnya, bubur Madura ini memiliki cita rasa yang manis dan di dalamnya terdapat campuran ketan hitam, mutiara, bubur sumsum, dan candil yang disiram dengan saus gula merah dan santan. 

Spiku/Spikoe

Sumber Foto : Haibunda

Spiku atau spikoe merupakan kue lapis yang memiliki tekstur lembut dengan rasa manis yang khas. Sejak jaman dulu, spiku tak hanya dijadikan sebagai oleh-oleh khas Surabaya, tetapi juga menjadi camilan andalan warga Surabaya.

Untuk kamu yang penasaran dengan rasanya, kue spiku ini dapat ditemukan dengan mudah di berbagai pasar tradisional maupun toko kue yang tersebar di Surabaya.

Selain jajanan legendaris Surabaya di atas, kamu juga enggak boleh kelewatan untuk cicipi oleh-oleh khas Surabaya yang lezat nan nikmat. Lapis Kukus Pahlawan ini bisa kamu temui di store terdekat di Surabaya, ya!