WISATA | 24 AUG 2021

5 Oleh-Oleh Khas Surabaya Paling Hits dan Wajib Dibawa Pulang

Oleh-Oleh Khas Surabaya – Surabaya merupakan salah satu kota yang berada di Jawa Timur dan menjadi kota terbesar kedua di Indonesia. Luasnya kota Surabaya menjadi alasan mengapa kota ini selalu menarik untuk dibahas dan dijelajahi.

Surabaya memang tak ada habisnya untuk dibahas. Mulai dari destinasi wisata, universitas-universitas terbaik, hingga masalah kuliner dan oleh-oleh. 

Jika berkunjung ke Surabaya, tak lengkap rasanya jika tidak membawa oleh-oleh khas Surabaya untuk kerabat atau keluarga di rumah. Bingung mau beli apa? Berikut 5 oleh-oleh khas Surabaya paling hits dan wajib untuk dibawa pulang.

Lapis Kukus Pahlawan

oleh-oleh khas surabaya

Oleh-oleh khas Surabaya selanjutnya yang tak boleh kelewatan yaitu Lapis Kukus Pahlawan. Berbeda dengan lapis tradisional yang biasanya hanya memiliki 2 warna, Lapis Kukus Pahlawan ini hadir dengan inovasi baru dan terbalut dalam warna-warni yang cantik.

Tak hanya itu, Lapis Kukus Pahlawan juga tersedia dengan beragam varian rasa, ada original, coklat, keju, cocopandan dan masih banyak lagi. Jadi kamu bebas deh mau pilih rasa apa. Yang paling bikin nagih dari camilan ini yaitu teksturnya yang super lembut dan aroma kue yang khas.

Oleh-oleh kekinian khas Surabaya ini selalu menjadi buruan para wisatawan karena selain rasanya enak, harganya juga terjangkau banget lho!

Spikoe Resep Kuno

oleh-oleh khas surabaya
Sumber Gambar : Kompas

Selain Lapis Kukus Pahlawan, spikoe resep kuno ini juga bisa kamu bawa pulang untuk oleh-oleh nih! Sama seperti namanya, spikoe resep kuno ini dibuat dengan menggunakan resep kuno yang masih rahasia sehingga membuat kue ini memiliki cita rasa yang tidak pernah berubah sejak dulu.

Terdiri dari tiga lapis warna yaitu, kuning, coklat, kuning, kue ini memiliki tekstur yang sangat lembut dan bercita rasa manis yang pas. Sepertinya beli satu gak akan cukup deh.

Kerupuk Ikan Kenjeran

oleh-oleh khas surabaya

Tak hanya dikenal sebagai Kota Pahlawan, Surabaya juga dikenal sebagai kota yang memiliki kekayaan hasil laut yang melimpah. Enggak heran deh kalau  di sini kamu akan disuguhkan dengan aneka makanan berbahan dasar ikan maupun seafood.

Salah satu makanan yang terbuat dari olahan ikan ialah kerupuk ikan Kenjeran. Seperti namanya, kerupuk ini terbuat dari bahan dasar ikan dan nama “kenjeran” diambil dari daerah penghasil olahan ikan yang enak ini.

Saat kamu berkunjung ke Surabaya dan melewati melewati Jl. Sukolilo atau Pantai Kenjeran kamu pasti akan mencium aroma khas kerupuk yang menggugah selera. 

Tak hanya kerupuk siap santap, di sini juga terdapat kerupuk mentah dengan berbagai jenis warna sesuai dengan bahan utama yang digunakannya. 

Selain kerupuk ikan, kamu juga bisa mencicipi lezatnya kerupuk cumi, kerupuk udang, maupun kerupuk rumput laut. 

Sambal Bu Rudy

oleh-oleh khas surabaya
Sumber Foto : Brisik.id

Bagi pecinta pedas, wajib banget nih bawa pulang oleh-oleh yang satu ini. Yaps, Sambal Bu Rudy yang memiliki cita rasa khas dan aroma udang yang menggiurkan. Berbeda dengan sambal pada umumnya yang memiliki rasa pedas yang dominan, Sambal Udang Bu Rudy ini tak hanya bercita rasa pedas tapi juga bercita rasa gurih dan bikin nagih.

Kini Sambal Bu Rudy tidak hanya menawarkan kelezatan sambal udangnya saja tetapi kini juga tersedia berbagai produk sambal dan makanan lainnya. Buat kamu yang penasaran dengan rasa Sambal Bu Rudy, langsung aja mampir ke Jalan Dharmahusada No.140, Surabaya.

Siropen Telasih

Kerupuk sudah, sambal sudah, camilan manis juga sudah. Kini saatnya berbicara mengenai minuman khas Surabaya yang juga cocok dijadikan oleh-oleh untuk keluarga, apalagi kalau bukan siropen telasih.

Berbeda dengan sejumlah produk sirup pada umumnya yang diproduksi menggunakan pengawet buatan, siropen telasih ini bebas dari bahan pengawet saat proses pembuatannya.

Minuman yang menyegarkan dengan rasa yang khas ini telah berdiri sejak tahun 1923 dengan berbagai macam varian rasa dan terus berinovasi dengan mengeluarkan rasa-rasa yang enak nan lezat, seperti frambozen, jeruk, cocopandan, vanila, peppermint, caramel, leci, dan masih banyak varian rasa lainnya.

Itu dia oleh-oleh khas Surabaya yang paling hits dan wajib kamu bawa pulang. Sudah tau mau beli apa saja? Jangan sampai kelewatan untuk membeli Lapis Kukus Pahlawan ya! Mumpung lagi di Surabaya, kamu wajib cobain.