WISATA | 24 AUG 2021

Top! Ini 5 Universitas Terkenal di Surabaya

Surabaya tak hanya dikenal sebagai Kota Pahlawan tetapi juga turut memiliki peran penting dalam pendidikan. Pasalnya, kota ini dikenal sebagai pusat pendidikan terlebih untuk masyarakat sekitar daerah Jawa Timur. Tak heran kalau Surabaya menjadi gudang dari sederet perguruan tinggi berkualitas.

Baik universitas negeri maupun swasta di Surabaya terkenal dengan kualitasnya yang jempolan. Itulah alasan mengapa banyak para pemuda yang rela jauh-jauh merantau hanya untuk menempuh pendidikannya di Kota Pahlawan.

Bagi kamu yang baru akan masuk ke jenjang perkuliahan, sudah tau belum mau memilih kampus apa untuk melanjutkan pendidikan? Tak perlu bingung, berikut kami berikan informasi mengenai universitas terkenal di Surabaya yang bisa jadi pilihanmu. 

Universitas Airlangga

universitas terkenal di surabaya
Sumber Foto : Litbang Kemendagri

Arek arek Suroboyo maupun warga Surabaya pasti sudah tahu kalau Universitas Airlangga tidak hanya menjadi salah satu universitas terkenal di Surabaya tetapi juga sebagai universita paling bergengsi. Kampus yang berlokasi di Wilayah Gubeg ini didirikan tepat pada perayaan hari pahlawan yang ke-9 yaitu pada 10 November 1954.

Konon, penamaan kampus ini diambil dari nama raja yang memerintah Jawa Timur pada tahun 1019 hingga tahun 1042 yaitu Rakar Galu Sri Lokeswara Dharmawangsa Airlangga Anantawikramattungadewa atau dikenal dengan nama Prabu Airlangga.

Nah untuk kamu yang tertarik melanjutkan pendidikan di Universitas Airlangga kamu perlu tahu kalau saat ini Universitas Airlangga memiliki 14 fakultas. Apa saja?

Fakultas Kedokteran, Fakultas Kedokteran Gigi, Fakultas Farmasi, Fakultas Kesehatan Masyarakat, Fakultas Kedokteran Hewan, Fakultas Keperawatan, Fakultas Sains dan Teknologi, Fakultas Psikologi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Fakultas Hukum, Fakultas Ilmu Budaya, Fakultas Perikanan dan Kelautan, dan Fakultas Vokasi.

Universitas Negeri Surabaya

universitas terkenal di surabaya
Sumber Foto : Quipper

Universitas Negeri Surabaya atau yang lebih dikenal dengan sapaan Unesa ini juga tak kalah terkenalnya. Universitas terkenal di Surabaya ini didirikan pada 19 Desember 1964 dan dengan nama Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan (IKIP) Surabaya. Namun pada 1999 IKIP ini berubah status menjadi Universitas.

Tak hanya terkenal di Surabaya, Unesa juga menduduki peringkat ke-21 tingkat nasional sebagai Universitas terbaik di Indonesia, lho!

Kampus yang terbagi menjadi 2 lokasi, yakni di  Jalan Rektorat Unesa, Lidah Wetan dan di Jl. Ketintang, Gayungan ini kini memiliki 7 fakultas yang terdiri dari Fakultas Ilmu Pendidikan, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Ilmu Sosial dan Hukum, Fakultas Ilmu Keolahragaan, Fakultas Ekonomi dan Pascasarjana, Fakultas Bahasa dan Seni, dan Fakultas Teknik.

Universitas Islam Negeri Sunan Ampel

universitas terkenal di surabaya
Sumber Foto : Antara News Jatim

Universitas Islam Negeri Sunan Ampel atau disingkat menjadi UINSA adalah salah satu perguruan tinggi islam negeri di Surabaya yang populer dan memiliki banyak peminat.

Tak hanya menjadi universitas terkenal di Surabaya, UINSA juga terkenal diberbagai penjuru di Indonesia. Nama kampus ini diambil dari nama salah seorang Walisongo, yaitu Sunan Ampel yang juga sebagai tokoh penyebar Islam di Indonesia. 

Nah saat ini, UNISA mempunyai sembilan fakultas, yaitu Fakultas Dakwah dan Komunikasi, Fakultas Adab dan Humaniora, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Fakultas Ushuluddin dan Filsafat, Fakultas Syariah dan Hukum, Fakultas Sains dan Teknologi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Fakultas Psikologi dan Kesehatan, dan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik.

Universitas Kristen Petra

universitas terkenal di surabaya
Sumber Foto : Times Indonesia

Universitas Kristen Petra atau disingkat UKP merupakan salah satu universitas swasta terbaik di Surabaya. Nama “Petra”  sendiri berasal dari bahasa Yunani yang berarti “Batu Karang”. Berdiri sejak 1961, keberhasilan UKP tak lepas dari peran Perhimpunan Pendidikan dan Pengajaran Kristen Petra (PPPK Petra).

Soal kualitas tentu UKP tak perlu diragukan lagi, sebab  UKP mampu menunjukkan keberhasilannya dalam telah mencetak lulusan berkualitas yang sudah bekerja di perusahan-perusahaan besar di Indonesia.

Kampus yang berlokasi di Jalan Siwalankerto No.121-131, Siwalankerto, Wonocolo, Kota Surabaya ini juga menawarkan berbagai fakultas yang bisa kamu pilih, seperti Fakultas Sastra, Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan, Fakultas Teknologi Industri, Fakultas Ekonomi, Fakultas Seni dan Desain, Fakultas Ilmu Komunikasi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan dan Pascasarjana.

Institut Teknologi Sepuluh Nopember

ITS universitas terkenal di surabaya
Sumber Foto : Detik

Seperti namanya, Institut Teknologi Sepuluh November atau yang dikenal dengan ITS ini berdiri pada 10 November 1960 dan berhasil mendapat predikat sebagai kampus terbaik di Surabaya. Untuk kualitas tentu ITS tidak perlu diragukan lagi, sebab ITS menjadi kampus berbasis sains dan teknologi terbaik di Indonesia.

Gak heran deh berkat kualitasnya, ITS juga menjadi universitas terkenal di Surabaya hingga di berbagai penjuru daerah di Indonesia. Buat kamu yang ingin mendalami ilmu-ilmu teknik, ITS bisa menjadi pilihanmu. Ada berbagai fakultas yang bisa kamu pilih yang sesuai dengan minat dan bakat.

Mulai dari Fakultas Sains, Fakultas Teknologi Kelautan, Fakultas Teknologi Industri, Fakultas Matematika, Komputasi, dan Sains Data, Fakultas Teknologi Elektro, Fakultas Teknologi Informasi dan Komunikasi, Fakultas Teknik Sipil, Lingkungan dan Kebumian, Fakultas Bisnis dan Manajemen Teknologi, Fakultas Arsitektur, Desain dan Perencanaan dan Vokasi.

Oh ya, kampus keren ini berlokasi di Jalan Raya ITS, Keputih, Sukolilo, Kota Surabaya, Jawa Timur.

Itu dia universitas di Surabaya yang bisa kamu pilih sebagai tempat mengenyam pendidikan selanjutnya. Nah, kalau kamu merantau ke Surabaya kamu bisa puas deh untuk mencicipi makanan dan camilan khas Surabaya.

Salah satu camilan khas Surabaya yang tak boleh dilewatkan yaitu Lapis Kukus Pahlawan. Rasanya yang lezat dijamin bikin ketagihan!