WISATA | 24 AUG 2021

5 Museum di Surabaya yang Wajib Dikunjungi sebagai Media Edukasi

Museum di Surabaya tentu saja tidak bisa diragukan lagi keberadaannya. Mendapat julukan sebagai Kota Pahlawan, Surabaya memiliki banyak museum yang isinya berkaitan dengan sejarah Indonesia, mulai dari perjuangan sebelum merdeka hingga bagaimana Indonesia bisa berhasil berdikasi setelah dijajah.

Nah, kalau kamu berlibur ke Surabaya, bisa banget nih meluangkan waktu untuk mengunjungi museum-museumnya. Agar tidak bingung harus memilih museum apa dan di mana, silakan simak penjelasan mengenai 5 museum di Surabaya yang menyajikan mengenai edukasi berikut ini ya.

Selain mengunjungi tempat wisata agar tidak penat setelah belajar atau bekerja, tetap bisa menambah pengetahuan. Asik sekali, kan? Yuk, langsung simak saja!

1. Museum WR Supratman

museum wr supratman/detikcom

Wage Rudolf Supratman menjadi seorang musikus dan lyricist legenda di Indonesia atas kejeniusannya menciptakan lagu kebangsaan. Yaps, apalagi kalau bukan lagu “Indonesia Raya” yang selalu kita nyanyikan setiap hari Senin saat upacara bendera?

Nah, untuk mengenang jasa beliau, pemerintah kota Surabaya membangun museum yang khusus berisi segala hal mengenai WR Supratman. Tulisan-tulisan tangan asli beliau hingga biola kesayangan ketika menciptakan “Indonesia Raya” ada di museum ini loh.

2. Museum Pendidikan

Guru, siapa sih yang tidak memiliki kenangan dengan sosok ini? Sosok yang sangat berjasa di setiap hidup para murid, selalu dikenang—baik kenangan kurang menyenangkan hingga yang tidak bisa dilupakan seumur hidup saking berharganya.

Di Surabaya ada loh Museum Pendidikan yang bertempat di eks-sekolah Taman Siswa. Di dalamnya berisi file-file sejarah masa lampau, filologi, hingga teknologi yang sangat bermanfaat sekali untuk dipelajari.

Intinya, museum ini merupakan tempat untuk mengenang pendidikan di Indonesia sejak zaman dahulu hingga sekarang, dari zaman praaksara hingga masa kemerdekaan.

3. Museum Sepuluh Nopember

museum sepuluh nopember/google.com

Identik dengan sebutan Kota Pahlawan karena kisah patriotik warga Surabaya ketika melawan penjajah, tentu saja tidak afdol jika berkunjung ke Surabaya tanpa mengunjungi Museum Sepuluh Nopember dong.

Museum di Surabaya yang satu ini memang menjadi museum legend yang tidak boleh terlewatkan. Di dalamnya terdapat banyak pengetahuan mengenai bagaimana penduduk Surabaya memperjuangkan Indonesia saat diserang penjajah dahulu.

Terdapat pameran senjata juga loh di dalamnya. Dan, tentu saja tidak lupa tentang pameran Bung Tomo sebagai salah satu sosok berharga yang berjuang mati-matian untuk kemerdekaan Indonesia.

4. Monumen Kapal Selam

Unik sekali museum yang satu ini. Bagaimana tidak? Jika biasanya museum hanya berbentuk sebuah gedung, museum Kapal Selam ini benar-benar terdapat di sebuah kapal selam besar. Kapal ini merupakan bekas perang loh.

Kapal tersebut bernama KRI Pasopati yang merupakan kapal selam yang didatangkan langsung dari Vladivostok, Uni Soviet pada 1962. Jika kamu ke sini, dijamin akan langsung terpesona dengan besar dan gagahnya tampilan kapal selam ini. Terlebih di dalamnya terdapat banyak ilmu yang bisa dipelajari. Dijamin enggak bakal rugi deh untuk liburan ke museum ini.

5. Museum Kanker Indonesia

museum kanker surabaya/google.com

Surabaya memiliki titik dedikasi yang begitu tinggi terhadap pejuang kanker sehingga dibangunkan Museum Kanker Indonesia sejak 2013 lalu. Museum ini dibangun oleh Yayasan Kanker Wisnuwardhana dan berisi mengenai segala info terkait kanker.

Museum ini satu-satunya di Indonesia yang membahas tentang kanker loh. Istimewa sekali ya museum di Surabaya yang satu ini. Mengemban beban lumayan berat, museum ini memiliki peran untuk memberikan edukasi tentang kanker dan segala hal yang bisa mencegah sakit kanker sejak dini.

Itulah 3 museum di Surabaya yang bisa sekali kamu kunjungi ketika sedang di Ibu Kota Jawa Timur ini. Selain bisa mengusir penat, menambah wawasan, pun bisa dijadikan konten untuk diunggah di media sosial kamu. Pasti dapat banyak atensi deh dari pengikut.

Jangan lupa, jika sudah mampir ke Surabaya, cicipi juga Lapis Pahlawan. Dengan harga murah, tetapi kamu sama sekali tidak akan mendapat lapis yang murahan!