WISATA | 24 AUG 2021

Inilah Tokoh Pahlawan Surabaya yang Gagah Berani, Dari Bung Tomo hingga Gunernur Suryo

Tanggal 10 November selalu menjadi hari besar bagi masyarakat Indonesia karena menjadi peringatan Hari Pahlawan. Tanggal tersebut dipilih sebagai tokoh pahlawan Surabaya sebagai penghormatan terhadap perjuangan dalam melawan penjajah dengan penuh gagah berani di Surabaya.

Salah satu momen perjuangan paling ikonik adalah saat para pemuda Surabaya merobek benderan Belanda yang berkibar di atas gedung hotel sehingga menyisakan kain merah putih yang merupakan benderan Indonesia.

Nah, di antara para pemuda gagah berani tersebut terdapat beberapa sosok yang memimpin perjuangan. Mereka kemudian diangkat menjadi pahlawan karena jasa besar mereka tersebut. Siapa lagi sih pahlawan Surabaya ini? Berikut adalah daftar pahlawan asal Surabaya yang patut dijadikan tauladan.

Bung Tomo

Siapa sih yang tidak kenal Bung Tomo? Tokoh pahlawan Surabaya yang tergabung dalam 4 serangkai bersama Bung Karno, Bung Hatta, Ki Hajar Dewantara, dan K. H. Mas Mansur ini memberikan keterlibatan yang besar untuk perjuangan kemerdekaan Indonesia.

Bung Tomo sangat cerdas dengan seluruh gagasan politiknya. Ia bahkan memiliki kiprah yang serius dan dihormati di kancah NICA. Akibatnya, penjajah menargetkan Bung Tomo dan akhirnya dipenjara hingga meninggal dunia.

Moestopo

moestopo/google.com

Fakta unik dari tokoh pahlawan Surabaya bernama Moestopo ini adalah beliau awalnya berprofesi sebagai dokter gigi. Hingga akhirnya beliau menjadi komandan batalion tentara Pembela Tanah Air atau PETA.

Moestopo juga membentuk BKR atau yang biasa disebut Badan Keamanan Rakyat di Jawa Timur. Ia terus menentang kehadiran Inggris di Surabaya dengan selalu membakar semangat pemuda untuk terus berjuang menyingkirkan para penjajah.

Mayjen Sungkono

Mayjen Sungkono merupakan Panglima Angkatan Perang Surabaya. Ia memimpin pertempuran dalam melawan tentara Inggris hingga tentara Jepang. Indonesia tentu saja tidak memiliki persenjataan lengkap seperti lawan, tetapi berkat kepemimpinan Mayjen Sungkono, pasukan perang Nusantara berhasil mengalahkan musuh.

Gubernur Suryo

tugu gubernur suryo/google.com

Gubernur Suryo merupakan gubernur pertama untuk Jawa Timur. Ia sangat berani dalam memerangi pasukan penjajah yang terus menyengsarakan rakyat. Tokoh pahlawan Surabaya ini melakukan perjanjian gencatan senjata dengan Brigadir Mallaby.

Setelah kematian Brigadir Mallaby, Inggris pernah memberikan ultimatum kepada Indonesia untuk menyerah. Namun, Gubernur Suryo dengan tegas menentangnya dan memberikan sengat kepada seluruh pemuda Surabaya untuk terus mempertahankan kedaulatan Indonesia.

H. R. Mohammad Mangoendiprudjo

Berasal dari Sragen, H. R. Mohammad Mangeondiprudjo sangat gigih dalam memperjuangkan kemerdekaan Indonesia dalam pertempuran di Surabaya. Ia memimpin pasukan perang untuk mengambil senjata dari para tentara Jepang.

Berkaitan dengan usaha Gubernur Suryo dalam berjuang akan gencatan senjata dengan Brigadir Mallaby, H. R. Mohammad Mangoendiprudjo juga mengambil peran penting di sana loh. Ia bahkan menjadi pemegang kunci dalam gencatan senjata tersebut.

K. H. Mas Mansur

KH Mas Mansur/google.com

Tokoh pahlawan Surabaya ini sering dianggap sebagai tokoh utama dalam perlawanan terhadap penjajah bahkan tanpa senjata. Hal ini dikarenakan K. H. Mas Mansur lebih banyak menuangkan pemikirannya melalui tulisan untuk memberikan kekuatan kepada penduduk Indonesia bahwa para penjajah tidak boleh terus menerus menduduki Indonesia.

Mungkin terlihat tidak seberat perjuangan dalam peperangan, tetapi pihak penjajah justru merasa kehadiran K. H. Mas Mansur dengan tulisan-tulisan cerdasnya adalah sebuah gangguan. Para penjajah akhirnya menyeret K. H. Mas Mansur ke dalam penjara hingga meninggal.

Itulah tokoh pahlawan Surabaya yang setidaknya kamu ketahui supaya lebih paham bagaimana Indonesia akhirnya merdeka dari para penjajah.Terlebih ketika berkunjung ke Surabaya menjadi lebih mengenal ibu kota Jawa Timur tersebut deh.

Nah, ketika berkunjung ke Surabaya, jangan lupakan saudara dan teman di rumah ya. Bawakan mereka oleh-oleh. Dan, oleh-oleh paling pas untuk diberikan kepada mereka tentu saja Lapis Kukus Pahlawan. Berkualitas dan harga bersahabat.