WISATA | 24 AUG 2021

5 Kuliner Jadul Surabaya Ini Wajib Untuk Dicoba!

Kuliner Jadul Surabaya – Sebagai kota tertua di Indonesia, Surabaya memiliki keistimewaan tersendiri di hati para wisatawan termasuk salah satu wisata kuliner yang ada di kota ini. Wisata kuliner di Surabaya menjadi salah satu daya tarik yang sudah pasti tidak mungkin ditolak oleh siapa pun.

Sama seperti kotanya yang menyimpan banyak gedung-gedung tua penjaga sejarah. Wisata kuliner legendaris di Surabaya nggak jauh berbeda dengan gedung-gedung tua yang punya segudang kejutan. Penasaran? Ini dia 5 wisata kuliner jadul Surabaya yang paling legendaris dan layak untuk kamu coba!

Sate Klopo Ondomohen Bu Asih

kuliner jadul surabaya
http://phinemo.com

Kuliner Jadul Surabaya yang pertama kali wajib kamu coba adalah Sate Klopo Ondomohen Bu Asih. Kalau dilihat dari namanya, sate ini memang unik dan berbeda dengan sate-sate biasanya. Di warung Bu Asih ini kamu akan menemukan sate yang dibakar bersama sate kelapa dan disajikan dengan bumbu kacang plus potongan cabai dan bawang sebagai tambahan. Kamu juga bisa memilih sate daging sapi, ayam, atau udang yang memiliki rasa gurih dan legit karena dibakar bersama kelapa. Enak deh pokoknya!

Depot Ai Doho

Depot atau warung makan sederhana ini juga legendaris untuk orang-orang Surabaya. Tidak begitu jauh dari Jl. Dr Soetomo dan Taman Bungkul, makanan rumahan yang disajikan di sini akan langsung mengingatkanmu pada masa kecil lho!

Pilihan lauk di sini sangat sederhana dan tidak akan membuat bingung kamu saat memilih makanan disini. Kamu bisa mencicipi ham telur, kornet telur, atau ayam bumbu rujak yang enak dan lezat. Meskipun sederhana, Depot Ai Doho bisa menjadi comfort food kamu yang layak untuk dicoba!

Rujak Cingur Ahmad Jais

Surabaya dikenal dengan makanan unik yang terbuat dari hidung sapi yang bernama rujak cingur. Rujak terkenal yang bisa kamu cobain dan paling terkenal di kota ini adalah Rujak Cingur Ahmad Jais yang berada dekat dengan Jalan Tunjungan.

Di sini kamu bisa menikmati rasa otentik rujak cingur yang penuh dengan petis. Seporsi rujak cingur di sini dihargai Rp 50 ribu, cukup mahal tapi kamu wajib untuk mencoba makanan unik yang satu ini.

Lontong Balap Pak Hasyim

kuliner jadul surabaya
http://idntimes.com

Sama seperti rujak cingur, lontong balap juga menggunakan bumbu yang terbuat dari petis. Bedanya lontong balap memiliki tekstur kuah yang gurih dengan tambahan lento.

Sebagai informasi, lento merupakan sejenis makanan kecil yang terbuat dari kacang-kacangan. Kamu bisa mencoba salah satu kuliner jadul Surabaya ini di warung Pak Hasyim yang sudah terkenal dari puluhan tahun lalu. Dijamin nagih!

Warung Sedap Malam “Rawon Kalkulator”

Makanan khas Jawa Timur yang terkenal dan bisa kamu temukan hampir di setiap tempat adalah rawon yang berkuah hitam manis. Jika kamu kebetulan sedang jalan-jalan di daerah Taman Bungkul kamu bisa langsung mampir ke Warung Sedap Malam “Rawon Kalkulator” yang legendaris.

Rasa rawon yang ada di tempat ini terkenal sangat gurih dan memiliki tekstur daging yang empuk. Selain rasanya yang enak, rawon kalkulator ini menjadi legend karena ketika kamu mau bayar sang kasir begitu cepat menghitung bagai kalkulator. Menarik ya!

Puas menikmati wisata kuliner jadul yang ada di tempat ini? Jangan lupa untuk menutup wisatamu hari ini dengan berburu makanan penutup yang lembut dan enak! Apalagi kalau bukan, Lapis Kukus Pahlawan khas kota Surabaya! Selain rasanya yang lezat, Lapis Kukus Pahlawan juga memiliki rasa yang enak dan tekstur yang lembut. Dijamin makin nagih!