WISATA | 19 AUG 2021

5 Fakta Tri Rismaharami, Ibu Wali Kota Surabaya yang Menuai Banyak Prestasi

Siapa sih yang tidak tahu dengan sosok Tri Rismaharani? Ibu Wali Kota Surabaya ini banyak dikenal oleh masyarakat luas di luar Surabaya dan tak sedikit yang menginginkan beliau menjadi wali kota kota mereka.

Kini, beliau tidak lagi menjadi Wali Kota Surabaya, melainkan Menteri Sosial sejak 2020. Nah, apa saja ya prestasi Tri Rismaharani selama menjabat sebagai sosok nomor satu di Surabaya tersebut?

Yuk, langsung simak penjelasan berikut! Dijamin deh semakin kagum dengan sosok beliau.

1. Perempuan Pertama yang Menjadi Wali Kota Surabaya

ibu wali kota surabaya
ibu wali kota surabaya/google.com

Tercatat dalam sejarah pemilihan wali kota, Tri Rismaharani merupakan sosok perempuan pertama yang menjadi pemimpin Kota Surabaya. Beliau terpilih pada periode pemilihan 2010—2015.

Tidak tanggung-tanggung, karena dinilai memiliki kinerja yang cemerlang, Tri Rismaharani juga kembali terpilih dalam periode pemilihan 2015—2020 loh. Dua periode sekaligus dihajar oleh beliau dan tetap mengukir prestasi yang menakjubkan. Salut banget, ya?

2. Riwayat Pendidikan

Zaman sekarang, untuk terjun di suatu bidang memang tidak perlu memiliki latar pendidikan yang sesuai. Misal untuk menjadi penyanyi, tentu saja bisa dari semua kalangan, tidak perlu dengan sosok berlatar pendidikan Seni Musik.

Begitu pula dengan politik, banyak sekali politikus yang bukan dari latar belakang pendidikan Ilmu Politik. Inilah yang terjadi dengan Tri Rismaharari. Perempuan kelahiran 20 November 1961 ini menempun pendidikan sekolah dasar di SD N Kediri dengan tahun kelulusan 1973.

SMP beliau adalah di SMP N 10 Surabaya lalu melanjutkan sekolah di SMA N 5 Surabaya dan lulus tahun 1987. Tri Rismaharani kemudian memilik jurusan Arsitektur di ITS Surabaya untuk kemudian menempuh pendidikan pascasarjana di kampus yang sama dengan mengambil jurusan Manajemen Pembangunan Kota.

Wah, pantas saja manajemen membangun kota mantan Wali Kota Surabaya tersebut begitu bagus ya!

3. Gelar Kehormatan dan Penghargaan yang Pernah Diraih

ibu wali kota surabaya
tri rismaharani mendapat gelar causa doktor ITS/google.com

Tri Rismaharani, oleh karena kepiawaiannya dalam membangun Surabaya selama masa jabatan, ia dihajar penghargaan Adipura selama 4 tahun berturut-turut, yaitu tahun 2011, 2012, 2013, dan 2014 untuk kategori Kota Metropolitan.

Beliau juga mendapatkan Gelar Kehormatan Doktor Honoris Causa dari ITS di Bidang Manajemen Pembangunan Kota, Jurusan Arsitektur, Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan pada 4 Maret 2015.

4. Surabaya dan Kota Terbaik Se-Asia Pasifik

Atas kepiawaian Tri Rismaharani mengelola Surabaya dengan baik, kota unggulan Jawa Timur tersebut pernah meraih penghargaan sebagai Kota Terbaik melalui partisipasi rakyat pada 2012 lalu. Penghargaan ini dibuat versi Citynet atas keberhasilan pemerintah kota dan partisipasi rakyat dalam mengelola lingkungan.

5. Mengundurkan Diri dari Jabatan

ibu wali kota surabaya
tri rismaharani diangkat menjadi mensos/google.com

Jabatan Tri Rismaharani menjadi Wali Kota Surabaya untuk periode kepemimpinannya yang kedua berakhir pada Februari 2021. Namun, ia diharuskan mengundurkan diri pada akhir bulan Desember 2020.

Bukan tanpa alasan tentu saja. Hal tersebut dikarenakan sejak 22 Desember, Tri Rismaharani secara resmi ditunjuk oleh Presiden Joko Widodo untuk menjadi Menteri Sosial menggantikan Juliari P Batubara yang tersandung kasus korupsi.

Itulah fakta mengenai sosok Tri Rismaharani, Wali Kota Surabaya yang memiliki banyak prestasi. Wah, sekarang jika berlibur ke Surabaya pasti otomatis teringat dengan sosok beliau ya?

Selain Tri Rismaharani, jangan lupa juga untuk mengingat Lapis Kukus Pahlawan ya! Kue hits kekinian di Surabaya tersebut memiliki rasa yang lezat dan harga yang murah jadi cocok sekali untuk dijadikan oleh-oleh.

Terlebih, Lapis Kukus Pahlawan bisa ditemui di banyak outlet di Surabaya sehingga tidak perlu susah untuk mencarinya, Bahkan, bisa dipesan secara online juga loh, tak perlu repot untuk keluar rumah deh.