WISATA | 21 MAY 2022

5 Tempat Sarapan Enak di Surabaya

Sarapan merupakan kebutuhan harian yang perlu Anda penuhi supaya bisa beraktivitas penuh seharian. 

Kota Surabaya sendiri punya beragam destinasi wisata kuliner yang cocok untuk mengganjal perut di pagi hari. 

Berikut ini kami bagikan tempat sarapan di Surabaya yang enak dan bikin nagih.

Baca juga: 7 Warung Ayam Bakar di Surabaya yang Dijamin Enak

Soto Lamongan Cak Har

Foto oleh @sotocakhar.official


Rekomendasi tempat sarapan di Surabaya yang pertama adalah Soto Lamongan Cak Har yang lokasinya berada di Jalan Dr. Ir. H. Soekarno Nomor 220, Semolowaru, Sukolilo, Kota Surabaya. Tempat makan ini buka dari pukul 06:00 sampai 02:00 WIB.

Dalam satu porsi soto, terdapat isian daging ayam, kulit, telur, bihun, sayur, dan ada koya gurih sebagai topping. Satu porsi Soto Lamongan ini bisa Anda nikmati dengan harga sekitar 21 ribu rupiah saja. Anda bisa tambah koya, ayam, dan ampela sesuai selera.

Rawon Pak Pangat

Foto oleh @rawonpakpangatwonokromo


Rawon Pak Pangat bisa menjadi tempat makan bagi Anda yang ingin sarapan menu rawon. Dalam seporsi rawon, Anda akan mendapatkan nasi putih, empal suwir, tahu, dan krengsengan yang disiram kuah rawon.

Rasa rawon yang gurih dan krengsengan yang manis menjadi perpaduan yang pas. Tak salah jika tempat makan yang satu ini terkenal dengan sajiannya yang khas. Kelezatannya semakin bertambah jika Anda mengguyur nasi rawon dengan sambal pedas. 

Rawon Pak Pangat berlokasi di Lotus Regency, Jalan Ketintang Baru Selatan I No 15, Ketintang, Kecamatan Gayungan, Kota Surabaya, Jawa Timur. Tempat makan ini buka dari pukul 06:30 sampai 20:00 WIB.

Nasi Pecel Bu Joyo

Foto oleh @sbykulinerinfo


Datanglah ke warung nasi pecel Bu Joyo yang legendaris jika Anda sedang mencari menu sarapan yang otentik. Hal ini karena warung nasi pecel Bu Joyo sudah berdiri sejak tahun 1950.

Warung nasi ini terkenal karena masih memasak nasi dan lauk-pauknya menggunakan kayu bakar. Cara ini pula yang membuat nasi pecel Bu Joyo punya cita rasa khas.

Bagi Anda yang ingin sarapan di warung nasi Pecel Bu Joyo, warung ini buka dari pukul 06:00 sampai 12:00 WIB saja. 

Nasi Empal Pengampon

Foto oleh @surabayafoodies


Nasi Empal Pengampon menyediakan menu nasi empal yang disajikan dengan bumbu khas. Dalam seporsi nasi empal sudah dilengkapi tempe dan tumis kacang panjang. Untuk harga seporsi nasi empal ini 35 ribu rupiah saja.

Selain nasi empal, Anda juga bisa memesan nasi babat dengan harga yang sama. Ada pun menu bubur ayam, mie, bakwan, dan siomay dengan harga mulai dari 25 ribu rupiah. 

Nasi Empal Pengampon buka dalam dua waktu, yaitu di pagi hari pada pukul 08:00 sampai 14:00 WIB dan sore hari pukul 17:00 sampai 20:00 WIB. Lokasinya berada di Jalan Pengampon II Nomor 3, Bongkaran, Pabean Cantian.

Bubur Madura Putri Ayu

Foto oleh @buburputriayu


Bubur Putri Ayu merupakan pelopor bubur Madura yang dikemas secara modern tanpa menghilangkan cita rasa khas bubur Madura yang terkenal kenikmatannya. 

Selain bubur madura, tersedia aneka ragam bubur lainnya seperti seperti bubur kacang ijo, bubur sagu, bubur merah, dan bubur Abang. Tersedia pula jajanan pasar yang bisa Anda beli. Langsung saja datang ke alamat Jalan Ngagel Rejo Nomor 20, Ngagelrejo. Tempat makan ini buka dari pukul 07:00 sampai 16:30 WIB.

Anda bisa menjadikan rekomendasi tempat makan di atas sebagai referensi tempat sarapan di Surabaya. 

Bagi Anda yang suka makan camilan ringan di pagi hari untuk mengganjal perut, cobain Lapis Kukus Pahlawan yang merupakan oleh-oleh khas Surabaya. 

Kue lapis ini terbuat dari tepung singkong dan tepung terigu, di mana singkong bermanfaat bagi kesehatan karena mengandung vitamin, mineral dan serat. Yuk, pesan sekarang!