WISATA | 24 AUG 2021

5 Kue Khas Surabaya ini Wajib Sekali untuk dicoba!

Kue Khas Surabaya – Kue merupakan makanan yang tepat untuk menemani waktu santaimu bersama keluarga. Sebagai makanan yang punya banyak varian dan rasa, kue dapat dikonsumsi setiap waktu. Selain itu, kue khas dari suatu daerah juga merupakan oleh-oleh yang tepat untuk sanak keluarga di rumah.

Khusus buat kamu yang tinggal di Surabaya atau berencana berkunjung ke Surabaya, berikut rekomendasi 5 kue khas Surabaya yang sayang banget untuk dilewatkan:

1. Lapis Kukus Surabaya

kue khas surabaya

Lapis kukus khas Surabaya memiliki bentuk yang agak mirip dengan sponge cake, tetapi kue ini memiliki tekstur yang lebih halus dan empuk.

Meskipun termasuk makanan tradisional, kue lapis kukus memiliki rasa yang premium karena terbuat dari bahan-bahan berkualitas. Salah satunya, untuk membuat satu kue lapis kukus diperlukan hingga 20 butir telur agar rasanya nikmat!

Lapis Kukus Surabaya memiliki rasa yang sangat enak, empuk dan meleleh di mulut, ditambah krim dan keju yang lezat saat dimakan. Kue khas Surabaya ini tersedia dalam berbagai varian rasa yang siap memanjakan lidah, yaitu original, brownies, cocopandan, strawberry, terang bulan dan pisang.

2. Almond Crispy

kue khas surabaya

Sesuai dengan namanya, almond crispy merupakan kue renyah dengan almond sebagai bahan dasar utama. Bahan-bahan untuk membuat almond crispy antara lain kacang almond, keju, gula, tepung dan mentega. Almond crispy berbentuk bulat, tipis, dan renyah di mulut.

Kue ini memiliki beberapa varian rasa seperti original, green tea, cokelat, blueberry dan strawberry. 

Bentuknya yang praktis membuat kue ini cocok untuk dijadikan teman minum teh atau sekadar cemilan saat berkumpul dengan keluarga.

3. Kue Mente

kue khas surabaya

Kue mente merupakan kue berbentuk bulat dan agak pipih. Kue ini terbuat dari jagung, telur, mentega, gula, garam, minyak nabati dan tentu saja bahan utama mente atau kacang mete. Kue mente memiliki rasa yang gurih dan lembut di mulut.

Bagian bawah kue ini terlihat gosong karena sisa pemasakan, namun tidak ada rasa pahit pada kue mente. Potongan kacang mete dalam kue ini juga sangat banyak dan siap memanjakan pecinta kacang mete yang memakannya.

4. Spikoe

Kue spikoe atau kue lapis khas Eropa merupakan kue tradisional yang dibuat berdasarkan resep peninggalan Belanda. Meski demikian, resep kue ini telah mengalami beberapa penyesuaian dengan bahan yang ada di Indonesia. 

Rasa dari kue ini sangat unik, lembut dan manis seperti kue bolu. Meskipun dibuat berdasarkan resep tradisional, kue ini dibuat dengan peralatan yang serba modern. Spikoe tersedia dalam beberapa varian rasa yaitu original, kismis, buah prem kering, dan varian speculaas.

5. Bikang Peneleh

Sumber: https://www.javatravel.net/

Bikang merupakan kue basah yang berbentuk bulat dan memiliki warna yang beragam. Surabaya memiliki sentra pembuatan bikang di daerah Peneleh. Kue bikang di daerah Peneleh memiliki rasa yang khas meski dibuat dengan bahan-bahan sederhana. Bikang terbuat dari tepung beras, santan, gula dan pewarna alami. 

Bikang memiliki rasa manis yang berasal dari gula dan aroma yang khas dari santan. Bagian atas bikang yang masih basah berpadu dengan bagian bawah yang kering dan renyah. Namun, karena dibuat tanpa bahan pengawet, kue ini hanya bisa bertahan satu hari saja.

Nah, itu dia beberapa rekomendasi kue khas Surabaya yang sayang banget buat kamu lewatkan. 

Jika berkunjunga ke Surabaya, sempatkan untuk membeli oleh-oleh Lapis Kukus Pahlawan di outlet resmi maupun outlet mitra terdekat, ya!