WISATA | 21 FEB 2023

Mengenal Rujak Cingur dan 3 Tempat Rujak Cingur Paling Enak di Surabaya

Rujak cingur merupakan salah satu kuliner khas Surabaya yang sangat populer di kalangan masyarakat Indonesia. Kuliner ini terdiri dari sayur-sayuran, buah-buahan, dan cingur sapi yang dicampur dengan bumbu kacang yang gurih.

Jika Anda berkunjung ke Surabaya dan ingin mencicipi kuliner khas Jawa Timur dengan rasa yang enak dan rekomendasi yang terbaik, ada beberapa tempat makan yang patut Anda kunjungi. Baca artikel ini sampai selesai!

Rujak Cingur (sumber: kompas)


Apa itu Rujak Cingur?

Kuliner tradisional ini banyak ditemukan di wilayah Jawa Timur, terutama Surabaya yang menjadi tempat asal muasal kuliner ini. Rujak ini menggunakan bahan berupa cingur, yang diambil dari kata bahasa Jawa yang berarti mulut ata moncong sapi yang diiris-iris dan dijadikan bahan hidangan makanan.

Di samping bahan utamanya yakni cingur, kuliner ini juga ditambah dengan bebagai buah-buahan segar seperti bengkuang, nanas, kedondong, dan mangga. Selain itu, hidangan ini juga ditambah dengan bermacam-macam sayuran mulai dari ketimun, taoge, kacang panjang dan atau kangkung.

Sebagai menu makan utama, sajian otentik Indonesia ini dilengkapi dengan lontong, tahu dan tempe. Semua bahan-bahan tersebut kemudian ditata di dalam satu piring saji dan di atasnya dituang bumbu kacang yang diolah dari petis udang dan gula merah.

Orang yang memesan hidangan ini bisa memesan rujak biasa, yang mana terdiri dari semua bahan lengkap di atas atau rujak matengan, yang tidak menggunakan buah-buahan. Baik rujak biasa maupun matengan sama-sama disiram menggunakan bumbu khas yang sudah dijelaskan sebelumnya.

Rasanya yang unik dan enak, membuat makanan ini sangat populer tak hanya di Jawa Timur tapi juga di seluruh nusantara. Selain lezat, rujak berbahan cingur ini juga memiliki nilai historis yang sangat penting bagi warga Surabaya.

Makanan ini dikenal sebagai makanan yang dijadikan sebagai simbol perlawanan rakyat Surabaya ketika menghadapi penjajah Belanda pada masa perang kemerdekaan Indonesia.

Rujak Cingur (sumber: the asian parent)


Rekomendasi Rujak Cingur Enak di Surabaya

Kuliner ini bisa ditemukan di banyak tempat di Surabaya, dan di bawah ini adalah rekomendasi tempat-tempat terbaik untuk menikmati rujak cingur di kota pahlawan:

  1. Rujak Cingur Genteng Durasim

Rekomendasi pertama adalah Rujak Cingur Genteng Durasim yang beralamatkan di jalan Genteng Durasim, Surabaya. Di sana, kuliner khas Surabaya ini bisa dinikmati dengan harga Rp35.000,- per porsi. Satu porsinya lengkap dengan cingur, sayuran, irisan nanas, mi kuning hingga tahu, tempe dan kerupuk.

Tempat makan ini buka mulai pukul 10.30 WIB, cocok bagi Anda yang ingin brunch atau sekalian santap siang. Tempat ini tutup pada pukul 17.30 WIB. Selain menu utamanya ini, tempat makan legendaris ini juga menjual menu andalan lain yakni sop buntut yang rasanya tak kalah lezat.

  1. Rujak Cingur Achmad Jais

Tempat makan ini juga termasuk tempat makan dengan menu khas Surabaya yang enak dan banyak dikunjungi oleh public figure. Tempat makan ini buka mulai dari jam 12.00 – 17.00 WIB. Harganya sendiri memang lebih tinggi dibandingkan harga di tempat lain dengan menu yang sama.

Harganya berkisar antara Rp60.000 hingga Rp80.000,- untuk satu porsi rujak dengan cingur, dan bahan-bahan utama lainnya. Tempat makan ini sudah buka sejak tahun 1970-an dan masih eksis hingga sekarang.

  1. Rujak Cingur Joko Dolog

Rujak Cingur Joko Dolog adalah salah satu tempat makan yang terkenal di Surabaya. Tempat ini berlokasi di Jalan Taman Apsari, Genteng, Surabaya. Masakan yang disajikan di sini terkenal sangat lezat dan nikmat, sehingga banyak pengunjung yang datang dari berbagai daerah untuk mencicipi kelezatannya.

Kuliner khas di sana terbuat dari bahan-bahan segar seperti irisan timun, kangkung, kacang tanah, mangga, nanas, dan cingur sapi yang empuk. Sambal yang digunakan pun terasa sangat khas, dan memberikan rasa yang pas dengan sayur-sayur dan buah yang ada di dalamnya.

Tempat ini terkenal dengan suasana yang ramah dan bersahabat, dan harganya pun terjangkau, harga Rp25.000,- untuk satu porsinya. Jika kamu ingin mencicipi rujak berbahan cingur yang enak dan autentik di Surabaya, maka Rujak Cingur Joko Dolog bisa menjadi salah satu tempat pilihan yang kamu kunjungi.

Selain rujak cingur, Surabaya juga terkenal dengan beragam makanan dan oleh-oleh lainnya yang tidak kalah lezat. Salah satu oleh-oleh khas Surabaya yang direkomendasikan adalah Lapis Kukus Surabaya. Jangan lewatkan makanan-makanan lezat tersebut saat berkunjung ke Surabaya!