WISATA | 20 OCT 2022

Sate Karak: Kuliner Unik dan Khas Surabaya

Kalau membahas kuliner khas Surabaya, Anda mungkin langsung teringat dengan tahu telor, rujak cingur, atau sate klopo. Padahal Surabaya masih punya satu lagi kuliner unik yang mungkin tidak akan Anda temukan di tempat lain, sate karak namanya.


Baca juga: 4 Bubur Madura Ini Harus Anda Cicipi Saat Berkunjung ke Surabaya 



Penasaran seperti apa rupa dan rasa makanan ini? Simak ulasan lengkapnya dalam artikel berikut ini!

Sejarah Sate Karak

Foto oleh @mayfitry

Sate karak adalah kuliner yang sangat populer di Surabaya dan konon berasal dari daerah Ampel, Surabaya Utara. Ternyata sate ini termasuk salah satu kuliner legendaris Kota Pahlawan yang sudah ada sejak tahun 1960-an!

Sayangnya, seiring perkembangan zaman nama sate karak pun mulai jarang dikenal, terlebih lagi di kalangan generasi muda. Namun bukan berarti rasa sate karak ikut berubah lho. Kuliner ini masih sama lezatnya dengan berbagai keunikan yang pasti akan memanjakan lidah Anda.

Kini warung sate karak yang ada di daerah Ampel sudah diturunkan hingga ke generasi ketiganya. 

Keunikan Sate Karak

Mungkin Anda mengenal karak sebagai kerupuk nasi seperti yang sering ditemukan di Solo, Jawa Tengah. Tapi karak dalam sate karak asli Surabaya ini sangat berbeda. Karak yang dimaksud dalam sate karak adalah ketan hitam pengganti nasi. Sementara karak yang dikenal di Jawa Tengah adalah nasi basi yang dikeringkan kemudian digoreng hingga renyah. 

Foto oleh @sbykulinerinfo

Bahan utama sate karak adalah jeroan sapi yang diberi bumbu khusus. Jenis jeroan yang banyak digunakan adalah usus.

Setelah dilumuri bumbu, jeroan sapi kemudian ditusuk dengan lidi lalu dibakar di atas arang. Biasanya jeroan dicampur dengan potongan daging juga. Cara menyajikannya pun juga tidak biasa. Jika pada umumnya sate disajikan dengan potongan lontong atau nasi putih, maka sate karak disajikan bersama ketan hitam. Ini menghasilkan citarasa yang sangat istimewa dan unik.

Tidak hanya itu, sate karak juga tidak disajikan dengan bumbu kacang, namun kelapa parut yang sudah dibumbu dan dimasak menjadi serundeng. Kemudian di atasnya diberi taburan bubuk kedelai pedas yang membuat rasanya makin nendang.

Penyajian tanpa bumbu kacang ini membuat rasa daging lebih enak, dengan sensasi arang dan asap yang masih sangat kental. Namun jika Anda tidak terbiasa menyantap sate dengan cara seperti ini, Anda bisa meminta tambahan bumbu kacang juga.

Ragam Menu dan Harga

Foto oleh @dhyanlolyta

Menu khas sate karak tentu saja adalah sate jeroan lengkap dengan gajih atau lemak yang super juicy. Tapi jika Anda kurang suka dengan jeroan atau ingin mencoba menu lain, ada sate daging yang tidak mengandung jeroan sama sekali.

Kalau Anda ingin menyantapnya dengan nasi, tersedia juga Nasi Sate Daging yang dijual seharga Rp 24 ribu per porsinya. Sementara harga 10 tusuk Sate Daging dan 10 tusuk Sate Jeroan masing-masing adalah Rp 36 ribu. Cukup terjangkau untuk 

Jam Buka dan Lokasi

  • Alamat: Jl. Ampel Lonceng No.60, Ampel, Kec. Semampir, Kota SBY, Jawa Timur 60151.

  • Jam buka: 17.00-22.00 WIB.

Jika Anda sudah tidak sabar ingin mencicipi kelezatan kuliner legendaris ini, Anda bisa langsung mendatangi warung yang berada di kawasan Surabaya Utara. Hanya saja karena warungnya tidak besar dan terletak di dalam gang, Anda harus teliti saat mencarinya agar tidak terlewat ya!

Warung sate ini buka di sore hari hingga jelang tengah malam. Cocok banget nih buat Anda yang suka berburu kuliner malam!