WISATA | 19 AUG 2022

Tahu Telor Pak Jayen, Kuliner Lezat Khas Surabaya

Saat Anda di Surabaya, jangan lupa untuk mencicipi salah satu kuliner unik yang kelezatannya tidak perlu diragukan lagi. Ya, tahu telor namanya. Di Surabaya, tahu telor ini seperti ketoprak di Jakarta. Artinya, makanan ini sudah dikenal luas dan dinikmati semua kalangan.


Baca juga: 9 Kedai Lontong Kupang di Surabaya yang Enak 


Seperti namanya, kuliner ini menggunakan dua bahan utama, yaitu tahu dan telur yang digoreng kemudian disajikan bersama dengan sayuran seperti tauge dan potongan mentimun. Yang nikmat dari tahu telur adalah siraman saus kacang dengan rasa yang sangat gurih.

Tahu Telor Pak Jayen adalah salah satu tahu telor yang melegenda dan sering dikunjungi oleh wisatawan dari luar kota. Hmm, kira-kira apa yang membuat Tahu Telor Pak Jayen lebih istimewa dibandingkan tahu telor lain di Kota Pahlawan? Simak ulasannya berikut ini!

Cita Rasa Tahu Telor Pak Jayen

Foto oleh @surabayafoodies

Sama seperti tahu telor pada umumnya, Pak Jayen juga menggunakan bumbu petis dan kacang sebagai sausnya. Namun yang menjadi ciri khas Tahu Telor Pak Jayen adalah bumbu kacang yang sangat kental dengan rasa petis yang sangat khas. Selain itu, bumbu bawang putihnya menambah citarasa gurih makanan makanan yang satu ini.

Jika makan di tempat, Anda bisa menyaksikan langsung bagaimana karyawan Tahu Telor Pak Jayen meracik bumbu uleg hingga menjadi saus kacang yang sangat nikmat. Pelanggan juga bisa meminta jumlah cabai sesuai selera.

Tahu Telor Pak Jayen sendiri berjualan mulai tahun 2007 di kawasan Surabaya Timur. Sampai saat ini, tahu telor ini terletak di pinggir jalan dan menggunakan tempat yang sama dengan sebuah cuci mobil di Surabaya.

Tidak heran jika tahu telor ini hanya bukan mulai sore hari hingga tengah malam, karena di pagi hari digunakan sebagai tempat cuci mobil. Meskipun tempatnya sangat sederhana, ternyata tidak menyurutkan minat para pelanggan yang datang untuk mencicipi kelezatan tahu telor tersohor ini.

Meski buka di malam hari, Tahu Telor Pak Jayen tidak pernah sepi. Bahkan mendekati tengah malam, makin banyak saja pengunjung yang datang. Mereka bahkan rela antri demi sepiring tahu telor.

Foto oleh @eatyaw.id

Untungnya, tahu telor bukanlah makanan yang membutuhkan waktu lama untuk memasaknya. Sehingga meskipun warung dalam kondisi ramai, para pelanggan akan mendapatkan makanan mereka dalam waktu kurang lebih 10 menit saja. Kecepatan pelayanan ini juga menjadi nilai plus tersendiri untuk Tahu Telor Pak Jayen.

Ketika Anda memesan, jangan hanya menyebutkan jumlah cabai saja, tetapi Anda juga bisa memesan secara custom sesuai selera. Misalnya, jika Anda tidak suka lontong, Anda bisa minta diganti dengan full kentang saja. Atau jika Anda minta kerupuk dipisah, jangan lupa sebutkan juga saat memesan. 

Harga Tahu Telor Pak Jayen

Penasaran dengan harga menu di tempat makan ini? Tenang saja, Tahu Telor Pak Jayen dijual dengan harga yang sangat terjangkau, yaitu mulai Rp 10 ribu sampai Rp 20 ribu per porsinya! Murah sekali bukan?

Mau Coba? Ini Alamatnya

  • Alamat: Jl. Dharmahusada No.112, Mojo, Kec. Gubeng, Kota SBY, Jawa Timur 60115.

  • Jam buka: 17.00-23.00 WIB

Foto oleh @mimolette_1106

Tahu Telor Pak Jayen pusat berlokasi di kawasan Dharmahusada, Surabaya Timur. Tempatnya cukup strategis dan tidak jauh dari Kampus A Universitas Airlangga, Rumah Sakit Dr. Seotomo, hingga Stasiun Surabaya Gubeng. Dari titik-titik tersebut, Anda hanya perlu menempuh perjalanan kurang dari 20 menit saja untuk sampai di tahu telor ini.

Jika Anda ingin mencicipi tahu telor lezat ini di siang hari, Anda bisa mampir ke cabang Tahu Telor Pak Jayen yang berada di kawasan Bukit Darmo, Surabaya Barat. Cabang yang ada di sini buka mulai jam 10 pagi sampai jam 9 malam.