WISATA | 06 JUN 2024

6 Tempat Sarapan di Surabaya, Enak dan Bikin Kenyang

Kuliner Surabaya memang tiada tanding. Bahkan menu sarapannya pun menggoda selera. Ingin mencoba menikmati pagi sambil menyantap aneka makanan khas Jawa Timur yang lezat? Yuk cobain 6 tempat sarapan Surabaya yang populer ini!

Bubur Ayam Spensix “Bang Salim”

Sumber: instagram.com/rahardisoekarnojunianto


Suka makan bubur ayam yang diaduk atau tidak diaduk? Di Bubur Ayam Spensix, dimakan dengan cara apapun pasti enak.

Berlokasi di Jl. Raya Gubeng No. 66, Gubeng, Surabaya, Anda bisa menikmati sajian bubur yang lezat dengan suasana cozy yang benar-benar menyenangkan.

Kios bubur ayam ini buka setiap hari dari pukul 06.00 WIB hingga 11.00 WIB. Jika tidak kebagian di pagi hari, Anda bisa datang kembali di sore hari karena kiosnya kembali buka di pukul 15.00 WIB hingga 21.00 WIB.

Yang istimewa dari Bubur Ayam Spensix adalah kaldunya yang gurih, dengan kecap asin, kacang kedelai, dan merica yang bisa kita takar sendiri. Opsi lauk tambahannya juga beragam. Dari jeroan, sate puyuh, hingga telur asin. Khusus telur asin, rasanya klop dipadukan dengan bubur karena tidak masir atau terlalu asin.

Lontong Balap Pak Gendut

Sumber: instagram.com/dudipurnamaputra


Jika di Medan ada Mie Balap, maka Surabaya punya Lontong Balap. Jika Anda penasaran, cobalah Lontong Balap Pak Gendut yang selalu hits sejak tahun 1958.

Lontong Balap Pak Gendut memiliki beberapa cabang, salah satunya berlokasi di Jalan Mayjen Prof. Dr. Moestopo No. 11, Pacar Keling, Kecamatan Tambaksari, Kota Surabaya.

Selain enak, lontong balapnya juga lengkap dengan lentho, tahu goreng dan taburan tauge yang melimpah. Dijamin bikin kenyang! Kios lontong Pak Gendut buka setiap hari dari pukul 9 pagi hingga pukul 9 malam.

Nasi Kuning Avon

Sumber: instagram.com/ding_80


Sekilas nama nasi kuning ini mirip dengan merk kosmetik yang trend di tahun 90-an. Tetapi jangan salah karena ini adalah salah satu nasi kuning terenak di Surabaya.

Berlokasi di Jl. Kapuas Gg. Lusi No. 7 Surabaya, jangan terkecoh dengan penampilan kiosnya yang kecil dan sederhana. Nasi Kuning Avon memiliki ciri khas lauknya yang terbuat dari ikan cakalang atau ikan tongkol yang diberi bumbu. 

Lauk pelengkap lainnya adalah laksa, sejenis bihun yang lebih kenyal. Juga sambal ketela dan tempe, serta serundeng kelapa. Rasanya pedas manis dengan nasi yang pas tekstur dan gurihnya. Ini yang menjadikan Nasi Kuning Avon berbeda dari nasi kuning lain di Surabaya.

Kios di Jl. Kapuas buka pukul 6 pagi hingga pukul 12 siang. Jika ingin lebih pagi, bisa ke Jl. Raya Darmo Permai No.3 Surabaya. Di sana ada mobil Nasi Kuning Avon yang beroperasi sejak pukul 5 pagi.

Sego Meduro Suramadu

Sumber: instagram.com/surabayafoodies


Sudah pernah menyantap nasi sego meduro untuk sarapan?Jika belum, coba deh Sego Meduro Suramadu Bu Ana.

Sego Meduro adalah nasi campur, kuliner khas Madura yang disantap dengan beragam pilihan lauk. Di Sego Meduro Suramadu, ada pilihan lauk dari babat, cumi, ati ampela, tongkol, hingga ayam dan daging.

Uniknya, di sini tersedia menu nasi paketan, sehingga Anda bisa menyesuaikan pilihan makanan dengan kekuatan kantong. Ciri khas lain dari Sego Meduro Suramadu adalah sambal pencitnya yang nikmat. Rasanya pedas asam manis dengan bahan dasar mangga muda. 

Tidak sabar mencoba? Kunjungi kiosnya di Jl. Demak No. 304, Bubutan, Surabaya. Buka setiap hari pukul 6 pagi hingga pukul 5 sore.

Soto Ayam Lamongan Cak Har

Sumber: instagram.com/erelfooddiary


Soto Lamongan Cak Har adalah salah satu tempat sarapan Surabaya yang sudah ada sejak tahun 1992.  Cabangnya ada beberapa, dan salah satunya berada di Jl. Dr. Ir. H Soekarno No.220, Semolowaru, Kecamatan Sukolilo, Surabaya.

Buka sejak jam 5 pagi, Soto Lamongan Cak Har tidak pernah sepi pembeli. Enaknya lagi, balungan dan koya di sini boleh nambah sebanyak apapun. Gratis!

Pecel Bu Kus

Sumber: instagram.com/leimjiangyoung


Salah satu kuliner Surabaya yang khas adalah pecel. Nah, di Pecel Bu Kus, Anda akan merasakan pecel dengan bumbu kacang yang lezat, lauk yang banyak, serta peyek yang besar dan renyah.

Ada beragam pilihan lauk seperti dadar jagung, lidah goreng, babat, dan limpa goreng di sini.  Selain itu, pelayanannya cepat sehingga tidak perlu menunggu lama untuk menikmati pecel yang menggoda selera.

Pecel Bu Kus berlokasi di Jl. Barata Jaya XX No. 110, Baratajaya, Gubeng, Kota Surabaya. Buka setiap hari sejak pukul 6 pagi hingga pukul 9 malam.

Itu dia 6 menu sarapan yang enak dan bikin kenyang. Bagaimana, ada tempat sarapan Surabaya yang ingin Anda datangi segera? Jangan lupa mencoba menu kuliner Surabaya lainnya, ya!