WISATA | 19 JUN 2022

Lezatnya Lontong Balap Pak Gendut: Harga dan Lokasi

Surabaya bisa dibilang surganya wisata kuliner. Berbagai macam makanan bisa Anda temukan di kota ini. Surabaya sendiri punya macam-macam makanan khas yang selalu ramai oleh pengunjung, baik itu warga Surabaya sendiri maupun wisatawan dari luar kota. 

Lontong balap adalah salah satu makanan khas yang wajib dicicipi di Surabaya. Salah satu penjual lontong balap legendaris Kota Pahlawan adalah Lontong Balap Pak Gendut. Warung lontong balap ini sudah ada sejak lebih dari 50 tahun yang lalu dan sampai saat ini masih terkenal akan kelezatannya.


Baca juga: 5 Tempat Sarapan Enak di Surabaya 

Sejarah Singkat Lontong Balap Pak Gendut

Foto oleh @mamamiamakanmakan

Lontong Balap Pak Gendut dirintis pada tahun 1956 oleh pendirinya, Pak Gendut. Namun Pak Gendut sendiri kini sudah meninggal dan usaha ini kini dikelola oleh anak lelakinya. Awalnya, lontong balap ini berupa warung kaki lima yang diwariskan kepada Pak Gendut oleh ibunya, Saunah. Sang ibu telah berjualan lontong balap sejak tahun 1958, sementara Pak Gendut sendiri mulai meneruskan usaha ibunya sejak tahun 1987.

Kenapa Lontong Balap Pak Gendut Terkenal?

Foto oleh @mamamiamakanmakan

Lontong balap adalah makanan yang memiliki perpaduan rasa pedas, gurih, dan segar yang bisa dinikmati dalam satu piring. Biasanya sepiring lontong balap disajikan bersama dengan sate kerang dan teh manis hangat untuk menambah kelezatannya. Sama seperti makanan khas Surabaya lainnya, lontong balap juga punya citarasa pedas yang bikin ketagihan.

Yang membedakan Lontong Balap Pak Gendut dengan lontong balap lain di Surabaya adalah lentho gorengnya. Lentho sekilas mirip dengan perkedel, namun warnanya lebih gelap dan teksturnya lebih padat. Lentho terbuat dari kacang tolo yang ditumbuk halus, kemudian dicampur ke dalam adonan yang terdiri dari parutan singkong dan bumbu lainnya. Adonan tersebut lalu diaduk rata dan digoreng.

Lontong Balap Pak Gendut menyajikan lentho yang dibuat hanya dari kacang tolo saja tanpa tambahan bahan lainnya. Hasilnya lentho terasa lebih renyah dan awet meskipun dicampur ke dalam kuah lontong balap.

Harga Menu di Lontong Balap Pak Gendut

Foto oleh @deaelv 

Sebagai salah satu lontong balap legendaris di Surabaya, Lontong Balap Pak Gendut tidak mematok harga yang akan menguras kantong Anda kok! Satu porsi lontong balap dijual di kisaran harga Rp 12 ribu hingga Rp 15 ribu. Harga yang sama juga berlaku untuk sate kerang. Konon, menyantap lontong balap tanpa sate kerang rasanya kurang nikmat.


Lokasi dan Rute Lontong Balap Pak Gendut

  • Alamat: Jalan Professor Dokter Mustopo No.11, RT.001/RW.08, Pacar Keling, Kec. Tambaksari, Kota SBY, Jawa Timur 60131.

Sejak pertama kali berdiri hingga tahun 2012, Lontong Balap Pak Gendut terletak di sekitar Jalan Kranggan, tidak jauh dari gedung Bioskop Garuda. Oleh karena itu, dulunya lontong balap ini juga sering disebut Lontong Balap Garuda.

Namun sejak 2012, lokasinya berpindah ke Jalan Profesor Doktor Moestopo, tepatnya di depan Gedung PDAM Surabaya. Lokasi yang baru ini sangat strategis karena berada di tengah kota dan dekat dengan Stasiun Surabaya Gubeng. Jika Anda adalah pengunjung dari luar kota, tinggal pesan saja transportasi ojek online dari stasiun ke kedai lontong balap ini. Jaraknya hanya 2,2 km saja dari stasiun atau butuh sekitar 5 menit perjalanan dengan kendaraan bermotor. 

Jika Anda ingin menempuhnya dengan berjalan kaki dari stasiun, jaraknya hanya 1,2 km saja atau 14 menit perjalanan.